Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Politikus PDIP Dukung Kaesang Terjun ke Dunia Politik

Rabu 25 Jan 2023 09:38 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani

Kaesang Pangarep Dan Erina Gudono ketika ditemui di Puro Mangkunegaran, Sabtu (21/1/2023). Kaesang mengaku tertarik terjun ke dunia politik. (ilustrasi)

Kaesang Pangarep Dan Erina Gudono ketika ditemui di Puro Mangkunegaran, Sabtu (21/1/2023). Kaesang mengaku tertarik terjun ke dunia politik. (ilustrasi)

Foto: Republika/Alfian
Keinginan Kaesang terjun ke politik disebut Gibran membuat kaget Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Junimart Girsang mendukung siapa saja yang berniat membangun bangsa lewat dunia politik. Termasuk kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

"PDI Perjuangan mendukung siapa saja, selama itu membangun bangsa dan negara ini kita dukung," ujar Junimart di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga

Namun, ia tak mau berspekulasi terkait keinginan Kaesang terjun ke dunia politik. Mengingat hal tersebut tak disampaikan langsung, melainkan dinyatakan oleh sang kakak, yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Sebab, perkumpulan dua orang lebih untuk bertukar pendapat dan gagasan juga bisa diartikan berpolitik. Namun, dia tak mempermasalahkan jika Kaesang benar tertarik dengan politik.

"Jadi kalau Kaesang berniat untuk berpolitik kenapa tidak, itu kan hak," ujar Junimart yang merupakan Wakil Ketua Komisi II DPR.

Sebelumnya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan, mengaku kaget atas pernyataan terbuka adik bungsunya, Kaesang Pangarep, yang ungkap ketertarikan pada dunia politik selama makan siang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga di Ono Solo Coffee & Eatery, Senin (23/1/2023) kemarin. Menurut Gibran, Jokowi juga kaget mendengar pengakuan Kaesang itu.

"Kemarin malah yang kita bicarakan itu malah Kaesang, Kaesang kemarin aku yo kaget, dia secara terbuka kemarin ke saya ke bapak (Jokowi) dia ada ketertarikan ke politik," kata Gibran ketika ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (24/1/2023).

Kendati demikian, Gibran mengatakan, tidak mengetahui langkah ke depan apa yang akan diambil adik bungsunya tersebut. Bahkan, ia sempat mempertanyakan keseriusan pernyataan Kaesang.

"Endak tahu, saya kan baru denger kemarin saya kaget, tenan ora," katanya.

Gibran juga mengatakan, Jokowi sempat kaget atas pernyataan terbuka Kaesang tersebut. Menurut dia, adiknya jarang menyinggung perihal politik, apalagi menunjukkan minat terjun ke dalamnya.

"Bapak yo kaget, (bapak mendukung?) Kaget dulu, (tapi) Biasanya ngga pernah ngomongin kayak gitu, aku yo kaget," katanya.

 

photo
Isyarat Reshuffle dari Jokowi - (Infografis Republika)
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA