Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Sambut Ramadhan, BWA Bagikan 15 Ribu Alquran Wakaf kepada Warga Jawa Tengah

Rabu 25 Jan 2023 07:38 WIB

Red: Agung Sasongko

Badan Wakaf Alquran (BWA) membagikan 15.000 Alquran wakaf di beberapa kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah.

Badan Wakaf Alquran (BWA) membagikan 15.000 Alquran wakaf di beberapa kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah.

Foto: Dok BWA
Tahap pertama 15 ribu eksemplar dari rencana 114 ribu eksemplar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menutup bulan Januari tahun 2023, Badan Wakaf Alquran (BWA) membagikan 15.000 Alquran wakaf di beberapa kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah. Yaitu Kabupaten Wonosobo, Kota Salatiga, Kabupaten  Pemalang, Kabupaten  Semarang, Kabupaten  Grobogan, dan Kabupaten Magelang.

Distribusi Alquran wakaf ini dimulai di Kabupaten Wonosobo,  tepatnya di Oemah Alam Mandala. Distribusi kali ini merupakan kedua kalinya BWA datang ke Wonosobo dan untuk distribusi saat ini merupakan tahap pertama dari rencana 114.000 untuk Provinsi Jawa Tengah dan  DI Yogyakarta. 

Baca Juga

Mas Joko yang merupakan salah satu pembina di Oemah Alam Mandala  sekaligus merupakan penanggung jawab daerah distribusi untuk wilayah Kabupaten  Wonosobo mengatakan, "Alhamdulillah BWA bisa datang kembali lagi ke Wonosobo ini. Sangat kami tunggu-tunggu karena memang kebutuhan Alquran di pelosok khususnya di Kabupaten  Wonosobo masih sangat besar dan belum terpenuhi."

"Mudah-mudahan distribusi kali ini bisa mengurangi beban masyarakat yang ingin memiliki Alquran namun masih memiliki kendala untuk mendapatkannya. Apalagi kurang lebih dua  bulan lagi akan memasuki bulan puasa dan Alquran ini pasti akan sangat dibutuhkan masyarakat terutama untuk kegiatan-kegiatan pengajian di bulan puasa nanti," ujar Joko melalui rilis, Selasa (24/1/2023). 

Didik WS,  Head of Program I BWA di Alun-Alun Sapuran, Kabupaten Wonosobo. Selasa 24 Januari 2023, menyampaikan bahwa Alquran wakaf yang dibawa pada saat ini masih sangat kurang untuk membantu masyarakat yang sulit mendapat Alquran.  “Karena,  berdasar data dari Dukcapil Kemenadgri tahun 2021,  Jawa Tengah memiliki penduduk (Muslim) sebanyak 36,21 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, masih banyak sekali yang belum mempunyai Alquran,” ungkapnya.

Dalam kegiatan distribusi Alquran wakaf kali ini, BWA berkesempatan untuk secara  simbolis  menyerahkan  Alquran  kepada  Bupati Wonosobo H  Afif Nurhidayat   SAg  di Alun-Alun Sapuran. 

"Alquran ini harus dibaca. Jangan sampai  hanya dipajang di lemari. Mudah-mudahan menjadi berkah dan memberi syafaat di   yaumil akhir nanti,"  kata Bupati Wonosobo. 

"Tidak lupa BWA mengucapkan terima kasih banyak kepada Oemah Alam Mandala, Mas Joko (Oemah Alam Mandala), Mas Koko  (IOF), BPBD Wonosobo, RPB Sobo alas, Surodilogo, Wirasakti, Polsek Kalikajar danWatumalang, Komunitas Rakyat Wonosobo (Rawon), Paguyuban Basecamp Sekedu Utara, Tagana, dan Keluarga Besar Curtina, Galena Logistik dan pihak-pihak lainnya yang telah mendukung  BWA dalam distribusi 15.000 Alquran tahap pertama untuk Jawa Tengah ini.  Mudah-mudahan kita  tetap terus bisa bersinergi ke depannya," ujar Didik WS.

"Terima kasih juga kepada para wakif yang telah ikut menyukseskan kegiatan distribusi Alquran kali ini. Mudah-mudahan menjadi amal jariyah. Dan bagi yang belum berwakaf masih ada kesempatan untuk berwakaf di program Wakaf Alquran dan Pembinaan (WAP) 114.000 Alquran untuk   Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta ini. Silakan cek   www.bwa.id,” kata Didik WS.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA