Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Aksi Umat Islam Punjab Perkenalkan Pejuang Muslim yang Berjuang untuk Kemerdekaan India  

Selasa 24 Jan 2023 22:37 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Bendera India (Ilustrasi). Umat Islam turut berperan dalam merebut kemerdekaan India dari penjajah

Bendera India (Ilustrasi). Umat Islam turut berperan dalam merebut kemerdekaan India dari penjajah

Foto: IST
Umat Islam turut berperan dalam merebut kemerdekaan India dari penjajah

REPUBLIKA.CO.ID, PUNJAB–Menjelang Hari Republik India, sekelompok Muslim di Ahmedgarh, Punjab, India membuat kegiatan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan India pada masa pra-kemerdekaan. 

Mereka menampilan foto-foto pejuang Muslim yang karena perjuangannya, menjadi pahlawan tanpa tanda jasa.

Baca Juga

Berbagai program rencananya akan dibuat sebagai bagian dari aksi ini. Selain juga mereka akan memasang spanduk yang menampilkan potret lebih dari 20 tokoh pejuang kemerdekaan Muslim di berbagai daerah.

Dilansir dari Tribun India, Senin (23/1/2023), penyelenggara mengatakan kegiatan ini diharapkan akan memotivasi pemuda Muslim di wilayah itu untuk maju dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa. Mereka akan berperan, terlepas dari pilihan politik, sosial atau agama mereka.

Penyelenggara acara, Zeshan Haidar mengatakan para pemuda dari berbagai organisasi Muslim di wilayah tersebut akan bekerja sama memulihkan kejayaan para pemimpin yang hilang dari komunitas mereka. 

Para pahlawan Muslim yang telah membuat pengorbanan tertinggi dalam perjuangan melawan Pemerintah Inggris dan memainkan peran utama dalam mendapatkan kebebasan bagi negara.

“Sayangnya, pemerintah berturut-turut telah gagal untuk mengakui kontribusi para pemimpin Muslim dalam perjuangan kemerdekaan dan mayoritas pejuang dan martir kemerdekaan Muslim tetap tidak dikenal selama acara yang diadakan untuk merayakan acara nasional seperti Hari Republik dan Hari Kemerdekaan,” kata Zeshan Haidar, yang juga menambahkan bahwa nama-nama ini juga hilang dari buku sejarah.

Baca juga: Islam akan Jadi Agama Mayoritas di 13 Negara Eropa pada 2085, Ini Daftarnya 

Komunitas itu mengaku telah memilih nama sekitar 100 pemimpin Muslim pada era pra-kemerdekaan dan potret 20 dari mereka akan ditampilkan di wilayah tersebut. 

Mereka di antaranya, Maulana Shah Abdul Qadir Ludhianvi (kakek dari Shahi Imam Punjab Maulana Usman Ludhianvi), Zakir Husain, Begum Hazrat Mehal, Maulvi Ahmadullah, Abadi Bano Begam, Ashfaqulla Khan dan Husain Ahmed Madni.

Hari Republik adalah hari raya nasional di India yang diperingati pada tanggal 26 Januari. Meskipun India telah merdeka pada 15 Agustus 1947, konstitusinya baru disahkan pada 26 Januari 1950.

Sampai hari peringatan tersebut, penguasa Britania Raya masih disebut sebagai Kaisar India. Dalam konstitusi tersebut, bentuk negara republik diambil India.   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA