Selasa 24 Jan 2023 18:19 WIB

Mengenal Haji Maqbul, Mardud, dan Mabrur

Orang yang pergi haji ada yang maqbul, mardud, dan mabrur.

Mengenal Haji Maqbul, Mardud, dan Mabrur. Foto: Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Mengenal Haji Maqbul, Mardud, dan Mabrur. Foto: Jamaah haji sedang wukuf di Arafah (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ustadz Taufiqurrohman SQ beberapa waktu lalu mengatakan, belum tentu semua orang yang pergi haji diterima hajinya. “Tingkatan orang yang berhaji itu ada yang maqbul, ada yang mardud, dan ada yang mabrur,” kata Ustadz Taufiqurrohman SQ.

Haji yang maqbul, kata Taufiqurrohman,  sekadar menggugurkan kewajiban. “Pulang dari haji, tidak ada bekasnya,” ujarnya.

Baca Juga

Yang kedua, mardud, hajinya ditolak. “Karena saat  momentum wukuf di Padang Arafah, ia tidak hadir  di sana. Hajinya tidak sah, dan ia harus mengulanginya lagi,” tuturnya.

Yang ketiga, haji mabrur. “Mabrur ini, sesuai janji Nabi dalam salah satu haditsnya, haji yang mabrur tiada balasan kecuali surga,” kata Taufiqurrohman.

Bagaimana kriteria haji mabrur itu? “Pertama, betul-betul luruskan niat karena Allah,” tegas Taufiqurrohman.

Ia lalu mengisahkan Imam Ali Zainal Abidin ketika sedang berada di Makkah, di pelataran Ka’bah, lantas muridnya datang menghampiri beliau dengan penuh bahagia, dan mengatakan, “Syiar Islam luar biasa. Yang datang berhaji sangat banyak.”

Namun Imam Ali Zainal Abidin tidak menunjukkan wajah bahagia. Ia malah meneteskan air mata.  Muridnya bertanya, “Kenapa guru menangis?” Ia menjawab, “Aku bersedih.” “Kenapa bersedih?’ tanya muridnya lagi. “Karena yang hampir aku lihat, Allah perlihatkan di hadapan mataku, hampir seluruh jamaah haji tersebut berkepala binatang.”

Muridnya penasaran dan bertanya, “Sebab apa, Tuan Guru?”  “Pertama, mereka pergi menunaikan haji dan umrah bukan karena Allah. Kedua, mereka berangkat haji dan  umrah, namun ongkos yang mereka pakai ‘spanyol’ alias separoh nyolong. Misalnya dari hasil korupsi,” jawab Imam Ali Zainal Abidin.

Karena itulah, kata Taufiqurrohman, orang yang ingin meraih haji mabrur, pertama-tama harus meluruskan niat haji betul-betul hanya karena Allah. Tidak ada niat lain sedikitpun.

Kedua, sepulang dari melaksanakan ibadah haji atau umrah,  bekas-bekasnya harus tampak dalam kehidupan sehari-hari. “Makin rajin menuntut ilmu atau mengikuti pengajian. Ibadahnya makin rajin, terutama shalat fardhu berjamaah di masjid," ujarnya.

Selain itu, terkait Rezeki, betul-betul dan sungguh-sungguh hanya mencari yang halal. Selanjutnya, sabar dalam beribadah atau ketaatan,  menjauhkan diri dari kemaksiatan, serta  sabar dalam menghadapi musibah. "Tidak kalah pentingnya, selalu bersyukur atas apa pun nikmat yang Allah berikan,” papar Ustaz Taufiqurrohman.

sumber : Dok Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement