Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Menteri Basuki Sindir Ada yang Enam Tahun Gak Ngapa-Ngapain di Jakarta

Selasa 24 Jan 2023 13:08 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Menteri PUPR senang Pj Gubernur Heru berupaya mengatasi banjir Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengaku bersyukur Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghidupkan kembali upaya mengatasi banjir di Ibu Kota. Salah satunya dengan melakukan normalisasi sungai.

"Sekarang alhamdulillah ada Pak Heru, ini (upaya mengatasi banjir di Jakarta) mulai dikerjakan lagi," kata Basuki usai mendampingi Jokowi meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur di Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Menurut Basuki, berbagai langkah yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mengatasi banjir, seperti normalisasi kali, pembangunan sodetan, pembangunan waduk hingga pemasangan pompa-pompa, bertujuan mengurangi banjir di Ibu Kota. "Pasti banyak berkurang, bukan bebas banjir, tapi pasti banyak berkurang dari hulu, tengah, hilir."

Baca: Banyak yang Emosi Status Kereta Argo Parahyangan, Anies Ngetroll Warganet Lagi

Jika semua langkah mengatasi dan mengantisipasi banjir dilakukan sejak dulu, lanjut dia, hal itu akan mengurangi banjir di Jakarta. "Kalau itu konsisten dilakukan dari dulu, pasti sudah berkurang; yang masalahnya tadi kan enam tahun nggak diapa-apain, normalisasi nggak diapa-apain, sodetan nggak diapa-apain," ujar Basuki.

Dengan kepemimpinan Heru di DKI Jakarta, Basuki mengaku, upaya-upaya mengatasi banjir kembali dilakukan. Sehingga dapat mengurangi potensi banjir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA