Selasa 24 Jan 2023 09:38 WIB

Hebatnya Harry Kane di Mata Michael Owen: Salah Satu Striker Terbaik yang Pernah Lahir

Kane kini resmi jadi top skor sepanjang masa Tottenham Hotspur.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Tottenham
Foto: AP Photo/Frank Augstein
Tottenham

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan penyerang Timnas Inggris, Michael Owen, tidak ragu menyebut Harry Kane sebagai salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Kemampuan menjadi pembeda dalam sebuah laga juga sudah cukup menjadi alasan Kane dilirik sejumlah klub top Eropa, termasuk Manchester United.

Penyerang Tottenham Hotspur itu kembali menjadi aktor kemenangan timnya kala melawat ke markas Fulham pada pekan ke-21 Liga Primer Inggris, Selasa (24/1/2023) dini hari WIB. Kane mencetak satu-satunya gol di laga itu sekaligus menjadi gol kemenangan Spurs pada menit pertama masa //injury time// babak pertama.

Baca Juga

Kane pun mencetak gol tersebut dengan begitu apik. Setelah menerima umpan Son Heung-min, Kane berusaha mencari celah di lini belakang The Cottagers. Usai berbalik badan, Kane melepaskan sepakan terarah ke pojok kiri bawah gawang Fulham. Kiper Fulham, Bernd Leno, gagal bola sepakan Kane tersebut.

Ini menjadi gol ke-16 di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Tidak hanya itu, jebolan akademi sepak bola Spurs itu juga tercatat menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa The Lilywhites. Kane menyamai rekor Jimmy Greaves, yang mampu mencetak 266 gol buat klub asal London Utara tersebut di semua ajang.

Dengan performa Kane di laga ini, Owen menyebut Kane sebagai salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Tidak hanya itu, kemampuan itu pula yang membuat Kane diminati oleh sejumlah klub. Sebelumnya, Kane sempat dilaporkan masuk radar Manchester United. 

United dikabarkan tertarik untuk menjadikan Kane sebagai pengganti Cristiano Ronaldo. Kendati begitu, top skorer Piala Dunia 2018 itu disebut-sebut siap untuk menolak pinangan United tersebut dan memperpanjang kontrak bersama Spurs.

''Dia (Kane) mungkin salah satu penyerang terbaik yang pernah dilahirkan di negara ini. Atas kemampuan itulah, maka tidak heran, dia dikejar oleh klub-klub lain,'' tutur Owen seperti dilansir laman resmi Liga Primer Inggris, Selasa (24/1/2023).

Secara khusus, eks penyerang Real Madrid menilai, Kane memiliki kemampuan spesial untuk menjadi pembeda di sebuah laga via torehan golnya. Sebelum laga, ujar Owen, Spurs diprediksi bisa mengendalikan permainan dan melancarkan serangan. Namun, untuk bisa meraih kemenangan, Spurs tetap membutuhkan seorang pencetak gol. Peran inilah yang diemban Kane dengan begitu baik.

''Di laga-laga yang ketat, pemai top bisa membuat perbedaan. Pada awal laga, Spurs mungkin akan mendominasi di setiap catatan statistik. Namun, mereka juga membutuhkan pencetak gol, dan Kane mengambil peran itu,'' tutur Owen

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement