Selasa 24 Jan 2023 07:18 WIB

Kejahatan Rasial Terhadap Keturunan Asia Kian Memburuk di AS

Lebih dari 60 persen orang Asia-Amerika mengatakan ketakutan diskriminasi rasial

Lebih dari 60 persen orang Asia-Amerika mengatakan bahwa kekerasan yang sedang berlangsung terhadap komunitas AAPI telah berdampak negatif terhadap ketakutan mereka akan diskriminasi rasial
Lebih dari 60 persen orang Asia-Amerika mengatakan bahwa kekerasan yang sedang berlangsung terhadap komunitas AAPI telah berdampak negatif terhadap ketakutan mereka akan diskriminasi rasial

REPUBLIKA.CO.ID., HOUSTON -- Kejahatan kebencian terhadap warga berparas Asia di Amerika Serikat (AS) terus menuai reaksi dari komunitas di seluruh negeri, fenomena ini mendorong pemerintahan Biden untuk mengambil tindakan.

Kejahatan kebencian terbaru terjadi di negara bagian Indiana pada 11 Januari, ketika seorang mahasiswa Universitas Indiana berusia 18 tahun keturunan Asia ditikam berulang kali di kepala di bus kota hanya karena rasnya.

Menurut kasus pidana, tersangka, Billie Davis, 56, yang berkulit putih, mulai menikam kepala korban dengan pisau lipat saat dia keluar dari bus.

Davis memberi tahu penyelidik bahwa dia menikam korban karena dia orang Tionghoa, dan mengatakan "akan berkurang satu orang untuk meledakkan negara kita."

Pelaku penikaman itu telah didakwa dengan tuduhan percobaan pembunuhan.

“Konfrontasi yang mengerikan ini merupakan kelanjutan dari krisis nasional yang melonjak: rasisme anti orang Asia yang ditingkatkan oleh pandemi Covid-19 dan meningkatnya ketegangan AS-China,” kata Forum Wanita AAPI Cabang Indiana dalam sebuah pernyataan.

Stop AAPI Hate Reporting Center adalah sebuah NGO yang mencatat insiden-insiden diskriminasi, kebencian dan xenofobia terhadap warga Asia-Amerika dan orang Kepulauan Pasifik di AS.

Forum tersebut menekankan bahwa ini “bukan peristiwa yang terisolasi. AAPI di seluruh negeri mendapati diri mereka berada di persimpangan pelecehan ras, diskriminasi, vandalisme, dan kekerasan.”

"Ada ketakutan. Karena itu bisa jadi salah satu dari kita," kata Rogene Gee Calvert dari NGO advokasi AAPI OCA-Greater Houston.

"Saya bisa duduk di bus atau duduk di mana saja dan seseorang bisa datang dan melakukan sesuatu yang kasar kepada saya karena mereka marah. Tidak peduli di mana kita berada, siapa kita atau apa yang kita lakukan, tapi jika orang telah didoktrin untuk percaya bahwa kita di sini untuk melakukan sesuatu yang salah, maka mereka akan menyamakan siapa pun yang mereka lihat sebagai orang Asia adalah orang yang mereka benci,” ucap mereka.

“Apakah itu pemerintah atau negara yang otoriter. Mentalitas mereka adalah kita membenci orang-orang itu karena kita membenci pemerintah mereka.”

"Saya takut 'normalisasi' kebencian rasial ini dan bagaimana hal itu memanifestasikan dirinya melalui kekerasan," lanjut NGO itu.

"Fenomena ini telah menjadi sangat lazim dalam lima atau enam tahun terakhir karena iklim politik yang diciptakan oleh mantan presiden (Donald Trump) di mana dia mendorong dan membiarkan penghinaan dan kebencian ini disuarakan dan diterima," ungkap Calvert.

Dia mengungkapkan jumlah insiden kebencian terhadap komunitas AAPI yang mengkhawatirkan di seluruh penjuru negeri sejak 2020, mengutip database dari Stop AAPI Hate.

“Sejak pertama kali ditetapkan pada 19 Maret 2020, telah dilaporkan 11.500 kasus hingga 31 Maret 2022,” katanya.

"Memang, ada kebencian dan retorika anti-warga Asia sejak orang Asia pertama kali datang ke negara ini selama demam emas dan pembangunan rel kereta lintas benua."

Calvert, yang juga anggota Komisi AS untuk Hak Sipil Texas, mengatakan kepada Anadolu bahwa media sosial juga berkontribusi untuk memungkinkan "retorika kebencian ini dikomunikasikan secara luas dan tanpa nama."

"Biasanya orang tidak bisa membedakan berbagai etnis Asia, jadi kita semua mengelompok bersama, dan apa pun permusuhan yang mungkin ada untuk negara atau pemerintah tertentu, ada ketidakmampuan rata-rata orang untuk mengetahui bagaimana membedakan antara orang-orang, negara atau keturunan dari etnis mana mereka," kata Calvert.

"Ditambah lagi, orang Asia akan selalu dianggap 'orang asing' karena penampilan fisik kami yang khas dan berbeda, tidak peduli berapa generasi kami telah menjadi warga negara Amerika."

Kejahatan rasial terkenal lainnya terjadi di San Francisco pada 8 Januari, di mana seorang pria Asia berusia 78 tahun yang berjalan di trotoar dibutakan oleh seorang pria tak dikenal dan dengan kasar didorong ke tanah saat tersangka melarikan diri.

Itu adalah salah satu dari banyak insiden kebencian yang terjadi secara acak di seluruh negeri terhadap korban keturunan Asia yang tidak menaruh curiga.

"Ini menakutkan dan menyedihkan," kata Calvert. "Seseorang begitu penuh kebencian dan kemarahan dengan sengaja menyeberang jalan untuk menyerang orang tua yang jelas tidak berdaya, berjalan dengan tongkat. Apa yang terjadi menakutkan bagi siapa pun yang berjalan di jalan umum."

Lebih dari 60 persen orang Asia-Amerika mengatakan bahwa kekerasan yang sedang berlangsung terhadap komunitas AAPI telah berdampak negatif terhadap ketakutan mereka akan diskriminasi rasial, menurut sebuah survei yang dirilis pada 19 Januari oleh wadah pemikir global, Coqual.

"Kita adalah 'target berjalan', dengan cara tertentu, saat kita menjalani kehidupan kita sehari-hari," tegas Calvert.

"Ketika sentimen kebencian anti-Asia ini berlanjut dan mungkin tumbuh, orang mungkin merasa mereka dapat bereaksi dan melakukan tindakan yang mungkin tidak akan mereka lakukan karena mereka melihat hal itu terjadi lebih banyak di sekitar mereka dan menerimanya sebagai hal yang baik-baik saja."

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa 63 persen orang Asia-Amerika mengatakan bahwa kebencian Asia yang sedang berlangsung berdampak negatif terhadap kesehatan mental mereka.

"Lebih buruk dengan orang Asia karena kami tidak secara alami memahami atau menerima konsep Barat tentang kesehatan mental versus kesehatan fisik. Kami melihat kesehatan secara lebih holistik sehingga kami tidak dapat membedakan sakit perut yang disebabkan oleh stres dari yang disebabkan oleh makanan yang buruk," jelas Calvert.

"Orang Asia pada umumnya tabah dan diajari untuk tidak membuka atau menyampaikan perasaan mereka. Jadi secara budaya, kita dihambat dalam menghadapi masalah kesehatan mental," ucap dia.

Lebih dari 60 persen responden mengatakan bahwa kebencian dan diskriminasi AAPI juga memengaruhi rasa aman mereka di tempat kerja.

"Saya yakin ada orang Asia yang merasa tidak aman dan tidak diterima di tempat kerja mereka," kata Calvert.

"Ada bias implisit terhadap mereka dari sesama karyawan karena mereka mungkin berbicara dengan aksen (atau) mungkin tidak sadar atau tidak tahu cara bermain politik atau mengikuti norma budaya.”

“Orang Asia yang mungkin merasakan tekanan dan ketidakadilan ini seringkali tidak tahu kepada siapa untuk berlindung atau bagaimana menangani situasi ini. Mereka merasa seperti 'tahanan' dalam pekerjaan mereka. Orang Asia dikenal dengan ketekunan dan etos kerja mereka sehingga setiap dampak negatif yang mempengaruhi pekerjaan bisa sangat mengganggu dan membuat stres."

Calvert mengatakan tren mengerikan meningkatnya kebencian terhadap komunitas berparas Asia selama beberapa tahun terakhir telah memengaruhi perasaan orang Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik tentang keselamatan mereka secara keseluruhan di AS.

"Saya percaya bahwa lebih banyak orang Asia yang takut akan diskriminasi rasial dan kejahatan rasial sekarang daripada di masa lalu, sebagian karena ada lebih banyak kesadaran tentang kejahatan semacam itu yang terjadi dan tampaknya lebih ganas atau setidaknya kita mendengar tentang kejahatan yang lebih layak diberitakan," ujar dia.

"Juga, iklim politik menjadi sangat agresif dan terang-terangan menentang negara-negara dan pemerintah Asia yang otoriter seperti China dan Korea Utara."

Menanggapi serangan Universitas Indiana yang bermotivasi rasial, Gedung Putih minggu lalu mengumumkan strategi multi-lembaga untuk membantu memerangi kebencian terhadap warga Asia-Amerika, mempromosikan akses bahasa, dan meningkatkan pengumpulan data pemerintah untuk komunitas orang Asia-Amerika, Penduduk Asli Hawaii, dan Kepulauan Pasifik.

Kelompok penasihat Gedung Putih merinci prioritas utamanya untuk komunitas AAPI termasuk memerangi kebencian dan diskriminasi anti-Asia, pemilahan data, akses bahasa, inklusi yang adil dalam upaya respons dan pemulihan Covid-19, pembangunan kapasitas seperti akses ke hibah dan kontrak federal, meningkatkan keragaman tenaga kerja federal dan penjangkauan dan keterlibatan dengan komunitas AAPI.

“Saya pribadi tahu peran penting yang dimainkan pemerintah federal dalam kehidupan kita sehari-hari dalam memajukan kesetaraan, keadilan, dan peluang bagi komunitas kita yang beragam,” kata anggota komite penasehat dan aktor Asia-Amerika pemenang penghargaan Daniel Dae Kim, yang dikenal dalam serial televisi Hawaii Five-O dan Lost.

Calvert menekankan kembali bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden telah mengambil banyak langkah untuk mendukung komunitas AAPI di berbagai tingkatan.

"Itu membuat saya merasa sangat yakin dengan pemerintah saya sendiri bahwa mereka peduli karena sangat mudah untuk mengabaikan ini," tutur dia.

"Bagi Presiden Biden dan Gedung Putih untuk memilih komunitas AAPI dan mengerahkan sumber daya yang signifikan untuk melindungi kami adalah cara yang bagus untuk mengatakan bahwa kami penting dan patut dipertimbangkan."

"Mereka tidak lagi duduk di pinggir lapangan," lanjut Calvert.

"Mereka mengambil tindakan dan memberikan kepada kami perwakilan sehingga suara kami akan didengar," tukas dia.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kejahatan-rasial-terhadap-keturunan-asia-kian-memburuk-di-as/2795133
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement