Senin 23 Jan 2023 23:52 WIB

BMKG Perkirakan Gelombang Empat Meter Terjadi di Perairan di Sulut

Kecepatan angin tertinggi berpotensi terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Gelombang Laut (Ilustrasi)
Foto: Hickerphoto
Gelombang Laut (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan perkiraan gelombang setinggi empat meter yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah perairan di Provinsi Sulawesi Utara.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga empat meter tanggal 25 Januari 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Ricky Daniel Arordi Manado, Senin (23/1/2023).

Pada umumnya, kata dia, arah angin bertiup dari barat laut-timur laut dengan kecepatan enam hingga 20 knot. Kecepatan angin tertinggi berpotensi terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Laut Sulawesi bagian timur.

Dia menjelaskan tinggi gelombang 1,25 hingga 2,5 meter (sedang) diperkirakan terjadi di wilayah laut Sulawesi bagian timur, perairan timur Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), perairan Bitung dan Likupang, Laut Maluku serta perairan selatan Sulut.

 

Tinggi gelombang 2,5 hingga empat meter (tinggi) diperkirakan terjadi di wilayah perairan utara Kabupaten Kepulauan Sangihe serta perairan utara dan timur Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dia berharap, masyarakat memperhatikan risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran, misalkan untuk perahu nelayan, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, sementara kapal feri, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Untuk kapal kategori besar, diharapkan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas empat meter.

"Kami berharap masyarakat berhati-hati apabila melakukan aktivitas di wilayah perairan yang oleh BMKG dikeluarkan peringatan dini tinggi gelombang," ujarnya Ricky.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement