Senin 23 Jan 2023 12:45 WIB

Tips Praktis Buat yang Baru Mau Rajin Olahraga

Memulai biasanya jadi titik tersulit ketika ingin bisa rutin berolahraga.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga di rumah (ilustrasi). Agar lebih mudah memulainya, cobalah untuk tidak menganggap olahraga sebagai sesuatu yang wajib dilakukan.
Foto: www.freepik.com.
Olahraga di rumah (ilustrasi). Agar lebih mudah memulainya, cobalah untuk tidak menganggap olahraga sebagai sesuatu yang wajib dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, selain efeknya yang baik bagi kebugaran tubuh. Rutin berolahraga bisa menyebabkan sejumlah dampak positif, seperti peningkatan citra tubuh, suasana hati yang lebih baik, juga meningkatnya rasa percaya diri.

Harga diri yang lebih tinggi, rasa pencapaian, dan rasa kebanggaan bisa dimiliki orang yang berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik itu pun disinyalir membantu meredakan gejala depresi, kecemasan, dan gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas (ADHD).

Baca Juga

Memulai biasanya jadi titik tersulit ketika ingin menerapkan kebiasaan sehat, termasuk berolahraga. Untuk mengatasinya, ada beberapa strategi agar olahraga bisa masuk dalam rutinitas.

Pilih aktivitas olahraga yang disukai. Entah itu jalan santai, berlari, latihan kekuatan, yoga, atau menari.

Cobalah untuk tidak menganggap olahraga sebagai sesuatu yang wajib dilakukan. Sebaliknya, anggap itu sebagai alat yang digunakan dalam perjalanan kesehatan. Selanjutnya, tetapkan tujuan yang realistis, jangan terlalu muluk-muluk.

Sebab, berolahraga berlebihan malah dapat berdampak negatif pada kesehatan mental, terutama jika menetapkan tujuan untuk diri sendiri yang tidak dapat dipenuhi secara wajar. Tetapkan tujuan kecil yang dapat ditingkatkan sedikit demi sedikit seiring waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement