Ahad 22 Jan 2023 17:30 WIB

Survei LSI: Elektabilitas Teratas Milik Ganjar, Anies dan Prabowo Saling Kejar

Ganjar unggul dalam simulasi capres baik 19, 10, dan tiga nama capres.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Elektabilitas Ganjar teratas berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia. (ilustrasi)
Foto: Humas Prov. Jateng
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Elektabilitas Ganjar teratas berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terhadap pilihan Presiden jika Pilres 2024 diadakaan saat ini, menempatkan nama Ganjar Pranowo di urutan pertama dalam beberapa simulasi. Sedangkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan saling kejar mengejar menempati urutan kedua dan ketiga.

Pada simulasi 19 nama, Ganjar Pranowo unggul dengan persentase 27 persen dikuti Anies Baswedan 17 persen dan Prabowo 16 persen. Nama-nama lain yang muncul yakni Ridwan Kamil 7 persen, AHY 2,4 persen, Sandiaga Uno 2,1 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,8 persen, Erik Thohir 1,3 persen. Untuk simulasi 10 nama sedikit perubahan di urutan kedua dan ketiga.

Baca Juga

"Kalau 10 nama Ganjar Pranowo masih di kisaran 29 persen, diikuti oleh Prabowo 19, lalu Anies di kisaran 16-17 persen. Jadi Prabowo dan Anis saling kejar, tapi posisinya rebutan di posisi kedua dengan tingkat dukungan yang mirip," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparannya di rilis survei LSI bertajuk Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Bahan Pokok dan BBM, serta Peta Politik Terkini, Ahad (22/1/2023).

Dalam simulasi 10 nama ini, nama lainnya yang muncul masih serupa yakni Ridwan Kamil 8,7 persen, Sandiaga Uno dengan 3,4 persen, AHY 1,9 persen, Erick Thohir 1,6 persen Djayadi melanjutkan, untuk pemilihan dengan simulasi tiga nama, Ganjar kembali unggul sekitar 10 sampai 20 persen dibandingkan persaingan nomor dua yakni Anies 24,2 persen diikuti oleh Prabowo 23,2 persen.

"Jadi Prabowo sama Anies pada Januari 2023 ini berada pada posisi yang saling kejar atau pada posisi yang sama, kompetitif," ujarnya.

Survei LSI tentang Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Bahan Pokok dan BBM, serta Peta Politik Terkini dilakukan melalui telepon dengan metode random digit dialing (RDD) atau secara acak kepada 1.221 responden. Survei yang dilakukan pada 7-11 Januari 2023 ini memiliki tingkat kepercayaan 95 pesen dan margin of error 2,9 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement