Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Chris Hipkins, Pengganti Jacinda Ardern Mulai Tunjuk Tim Barunya

Ahad 22 Jan 2023 12:07 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

Chris Hipkins berbicara kepada media di luar Gedung Parlemen di Wellington, Selandia Baru, 21 Januari 2023. Hipkins adalah satu-satunya kandidat untuk menggantikan Jacinda Ardern sebagai pemimpin Partai Buruh dan oleh karena itu menjadi pilihan partai untuk menjadi Perdana Menteri.

Chris Hipkins berbicara kepada media di luar Gedung Parlemen di Wellington, Selandia Baru, 21 Januari 2023. Hipkins adalah satu-satunya kandidat untuk menggantikan Jacinda Ardern sebagai pemimpin Partai Buruh dan oleh karena itu menjadi pilihan partai untuk menjadi Perdana Menteri.

Foto: EPA-EFE/BEN MCKAY
Chris Hipkins menunjuk Carmel Sepuloni sebagai wakil perdana menteri.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Partai Buruh telah menentukan pengganti Jacinda Ardern setelah mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Selandia Baru. Dia adalah Chris Hipkins, yang dikenal sebagai "Chippy." Hipkins membangun reputasi atas kompetensinya dalam menangani Covid-19 negara itu yang dikenal berhasil mengendalikan pandemi.

Ia menjadi sosok yang mewakili respons pemerintah terhadap pandemi. Chippy kemudian diangkat menjadi menteri kesehatan pada Juli 2020 sebelum menjadi menteri tanggap Covid pada akhir tahun itu.

Baca Juga

Setelah penunjukannya sebagai satu-satunya kandidat pengganti Ardern, Hipkins menunjuk Carmel Sepuloni sebagai wakil perdana menteri. Ia akan menjadi wakil perdana menteri pertama Selandia Baru yang berasal dari Pasifik.

Sepuloni (46 tahun) sendiri adalah orang Eropa Samoa, Tonga, dan Selandia Baru dan tinggal di Auckland. Dia memegang sejumlah portofolio, termasuk pengembangan sosial dan ketenagakerjaan dan seni, budaya dan warisan.

Hipkins mengatakan sisa timnya akan diumumkan nanti. Jajak pendapat lokal menunjukkan Hipkins adalah kandidat potensial paling populer di kalangan pemilih.

Hipkins akan menghadapi jalan yang sulit memimpin Selandia Baru. Partai Buruh membuntuti oposisi dalam jajak pendapat dan negara itu diperkirakan akan jatuh ke dalam resesi kuartal berikutnya sebelum pemilihan umum pada 14 Oktober.

Hipkins mengakui bahwa dia mengemban jabatan barunya pada saat yang sulit. Namun ia mengatakan pemerintahnya akan fokus pada masalah roti dan mentega.

"Selama minggu mendatang kabinet akan membuat keputusan untuk mengekang beberapa program dan proyek yang tidak penting saat ini. Kami akan fokus pada warga Selandia Baru berpenghasilan menengah dan rendah serta usaha kecil yang (menemukan) sulit untuk mendapatkannya," katanya.

"Perekonomian dalam kondisi baik," imbuhnya. "Kondisi kami dan ekonomi kami berada dalam kondisi yang lebih baik daripada banyak negara lain di dunia dan kami benar-benar bertekad untuk membantu warga Selandia Baru melalui masa ekonomi yang sulit ini," katanya.

Sebelum Hipkins menjadi perdana menteri, Ardern akan mengajukan pengunduran dirinya kepada perwakilan Raja Charles di Selandia Baru, Gubernur Jenderal Cindy Kiro. Kiro akan menunjuk Hipkins untuk peran tersebut dan dia akan dilantik. Hipkins mengatakan dia akan dilantik pada hari Rabu mendatang.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA