Sabtu 21 Jan 2023 15:37 WIB

Panglima TNI Mutasi Tiga Athan di Beijing, Paris, dan Tokyo

Danpuspomad Letjen Chandra dan Sesjen Wantannas Laksdya Harjo masuk masa pensiun.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.
Foto: Dok Puspen TNI
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi terhadap 223 perwira tinggi (pati) TNI tiga matra. "Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/48/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI," demikian keputusan yang diteken Yudi di Jakarta pada 16 Januari 2023.

Dikutip Republika.co.id, Sabtu (21/1/2023), di antara yang dimutasi ada tiga posisi Atase Pertahanan (Athan). Pertama Athan RI di Beijing, China dari Marsma Bayu Hendra Permana kepada Kolonel Benny Poltak Nadeak. Benny pun akan menyandang pangkat bintang satu. Marsma Bayu kemudian dimutasi menjadi Staf Khusus KSAU.

Adapun Benny yang sebelumnya menjabat Athan RI di Paris, Prancis akan digantikan Kolonel Anang Surdwiyono. Posisi Athan Paris sepertinya akan dinaikkan statusnya untuk diisi pati bintang satu. Dengan begitu, Anang yang sebelumnya merupakan Koorsmin KSAU akan meraih pangkat Marsma di jabatan barunya.

Berikutnya, Athan RI di Tokyo, Jepang dari Kolonel Edi Nurhabad diserahkan kepada Kolonel Azwan Yusuf. Edi promosi menjadi Perwira Sahli Tingkat II Kamkonf Komunal Sahli Bidang Polkamnas Panglima TNI, dan Azwan sebelumnya adalah Perwira Menengah Sahli Bidang Sosbud Sahli KSAL Bidang Soskumdang.

Posisi Athan Tokyo sepertinya juga akan dinaikkan statusnya dari diembang kolonel kini ditempati bintang satu. Dengan begitu, Azwan akan promosi meraih bintang satu.

Selain itu, ada dua posisi pati bintang tiga yang akan pensiun, namun belum ada penggantinya. Keduanya adalah Danpuspomad Letjen Chandra W Sukotjo dan Sesjen Wantannas Laksdya Harjo Susmoro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement