Jumat 20 Jan 2023 19:45 WIB

Ini Layanan Favorit Penumpang di Bandara AP II

AP II mencoba mengetahui keandalan kualitas layanan dan fasilitas bandara.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Petugas bandara memperbaiki layar informasi jadwal penerbangan internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/11/2022).
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas bandara memperbaiki layar informasi jadwal penerbangan internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akhir tahun selalu menjadi salah satu periode tersibuk bagi bandara-bandara di dunia tak terkecuali bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II seiring dengan adanya libur Natal dan Tahun Baru.

“Angkutan Nataru 2022/2023 menjadi periode tersibuk sejak pandemi Covid-19, di mana lalu lintas penerbangan di bandara AP II pada Desember 2022 menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya pada tahun lalu. Ini sejalan dengan pemulihan penerbangan yang telah berjalan sejak awal 2022 serta kondisi pandemi yang semakin terkendali dan didukung kesiapan AP II, maskapai serta stakeholder lainnya,” ujar Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin.

Baca Juga

Di tengah tingginya penerbangan di bandara pada akhir tahun, AP II mencoba mengetahui keandalan kualitas layanan dan fasilitas bandara dari perspektif penumpang pesawat. Untuk itu, AP II mengadakan survei di 20 bandara sepanjang angkutan Nataru 2022/2023 (19 Desember 2022-3 Januari 2023) yang melibatkan 5.103 responden.

Berdasarkan survei, diketahui secara rata-rata indeks kepuasan penumpang pesawat di 20 bandara AP II selama periode angkutan Nataru 2022/2023 mencapai 4,60 dari paling tinggi 5.

Hasil survei juga memaparkan fasilitas yang dinilai terbaik oleh responden. Berikut daftar layanan dan fasilitas yang masuk dalam lima besar nilai terbaik pilihan responden, diurutkan dari peringkat 5.

5. Tempat Duduk dan Mushalla

Tempat duduk dan Mushalla menjadi fasilitas yang disukai di peringkat ke-5 dengan indeks 4,67. Bandara AP II memperhatikan kenyamanan penumpang pesawat dengan menyediakan tempat duduk terbaik di terminal. Misalnya, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tersedia sofa dan kursi khusus untuk beristirahat, serta kursi untuk bekerja di area coworking space.

Keberadaan mushalla juga menjadi bagian penting di bandara AP II. Total mushalla yang ada di 20 bandara AP II para periode Nataru 2022/2023 mencapai 150 mushalla.

 

4. Suasana Terminal dan Rambu-rambu Bandara

Responden menempatkan Suasana Terminal dan Rambu-rambu Bandara berada di peringkat ke-4 terbaik dengan indeks 4,68. Pada periode angkutan Nataru 2022/2023, AP II menghadirkan beragam event dan dekorasi tematik di terminal guna menyambut penumpang pesawat. Salah satu kegiatan aktivasi yang digelar adalah flash mob yang melibatkan para penumpang pesawat dan pengunjung di Bandara Soekarno-Hatta saat menyambut tahun baru 2023.

 

3. Ketersediaan Troli

Ketersediaan troli berada di peringkat ke-3 sebagai fasilitas terfavorit dengan nilai indeks 4,69. Total di 20 bandara, AP II menyiapkan sebanyak 11.786 troli sehingga dapat dipastikan setiap penumpang pasti bisa menggunakan fasilitas troli untuk membawa barang bawaan.

 

2. Kebersihan Terminal, Monitor Informasi, dan Panggilan Penerbangan

Pada peringkat kedua dengan nilai indeks 4,70, responden menempatkan Kebersihan Terminal, Monitor Informasi dan Panggilan Penerbangan sebagai fasilitas terbaik. Kebersihan terminal menjadi salah satu fokus utama guna menjaga kenyamanan penumpang pesawat di bandara-bandara AP II saat periode sibuk.

"Personel yang bertugas menjaga kebersihan di bandara-bandara AP II diperkuat oleh tenaga profesional berlisensi. AP II juga menjaga higienitas di terminal penumpang guna mencegah penyebaran COVID-19," ujar Director of Commercial and Service AP II M Rizal Pahlevi.

Monitor Informasi seperti Flight Information Display System (FIDS) juga dipastikan tersedia di setiap terminal untuk memberikan informasi penerbangan. FIDS juga didukung adanya layanan Panggilan Penerbangan untuk setiap penerbangan sehingga memastikan penumpang pesawat terinformasi terkait gate keberangkatan, waktu boarding, dan panggilan terakhir untuk boarding.

 

1. Pusat Informasi

Pusat Informasi menjadi layanan yang paling dinilai bagus oleh responden dengan indeks (4,73). Pada periode Nataru 2022/2023 AP II menyiagakan personel Customer Service di bandara sebanyak 189 orang, lalu personel Terminal Inspection Service sebanyak 238 orang, personel Digital Service sebanyak 69 orang dan personel Golf Car Assistant sebanyak 48 orang.

Staf di Bandara Soekarno-Hatta juga berhasil masuk dalam daftar 10 besar Best Staff Airport in Asia versi Skytrax. AP II juga memperkenalkan inovasi customer service secara virtual melalui video call.

Bandara Soekarno-Hatta dan Minangkabau (Padang) pun saat ini memiliki Tourism Activity Center sebagai pusat informasi bagi wisatawan. Selain sembilan fasilitas dan layanan tersebut, fasilitas dan layanan lain juga mendapat apresiasi dari penumpang pesawat antara lain, Fasilitas Parkir dan Sikap Personel Security (4,65); Kebersihan Toilet dan Nursery Room (4,64); Transportasi Umum (4,59) dan Kecepatan Bagasi (4,56).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement