Jumat 20 Jan 2023 11:47 WIB

Pilih Mana, Mesin Cuci Otomatis atau Dua Tabung?

Ada perbedaan mendasar antara mesin cuci otomatis dan dua tabung.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mesin cuci (iustrasi)
Foto: www.flickr.com
Mesin cuci (iustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA---Mesin cuci boleh dibilang sudah menjadi produk elektronik yang lazim ada di tiap rumah tangga saat ini. Saat ini jenis mesin cuci yang beredar di pasaran adalah mesin cuci otomatis dan dua tabung. Sebenarnya, pada dasarnya sama-sama membantu orang mencuci. Namun, keduanya memiliki perbedaan.

Mesin cuci otomatis atau satu tabung dirancang untuk melakukan semua pencucian dan pengeringan dalam satu tabung. Terdiri dari mesin cuci front loading (bukaan depan) dan top loading (bukaan atas). Anda tidak perlu memantau saat beroperasi karena semua pekerjaan dikerjakan dalam satu unit.

Baca Juga

Sedangkan mesin cuci dua tabung, sama seperti namanya, mempunyai dua tabung terpisah yang terletak bersebelahan. Satu tabung digunakan untuk mencuci dan lainnya untuk mengeringkan. Selama proses pencucian dan pengeringan, Anda harus memindahkan cucian secara manual dari satu tabung ke tabung lainnya. Sebelum membeli, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut:

 

1.Harga

Harga mesin cuci otomatis lebih mahal dibandingkan mesin cuci dua tabung. Namun, fitur mesin cuci otomatis lebih lengkap. Mesin cuci dua tabung biasanya terbuat dari bahan plastik dan fitur tidak selengkap mesin otomatis. Jika budget Anda terbatas, mesin cuci dua tabung bisa menjadi opsi tepat karena lebih ekonomis.

 

2.Konsumsi listrik

Kedua jenis mesin cuci sama-sama menghabiskan energi yang sebanding. Namun, beberapa mesin cuci otomatis memiliki program pencucian dengan daya yang lebih rendah sehingga bisa menghemat energi hingga 70 persen.

 

3. Konsumsi air

Mesin cuci dua tabung lebih hemat dalam konsumsi air karena Anda perlu mengambil air secara manual untuk setiap beban cucian. Anda dapat memilih jumlah air yang digunakan setiap mencuci. Jenis mesin cuci ini bisa menjadi pilihan tepat jika Anda tinggal dengan keterbatasan air atau wilaya yang terdampak kekeringan.

 

4.Perawatan

Dikutip Electrolux, Jumat (20/1/2023), mesin cuci otomatis lebih ribet dalam hal perawatan. Sebagian besar mesin cuci otomatis terbuat dari logam sehingga Anda harus menjaganya supaya tidak berkarat. Selain itu, jika rusak, harga perbaikannya akan lebih mahal karena mengandung banyak suku cadang.

Sedangkan mesin cuci dua tabung lebih mudah merawatnya karena biasanya terbuat dari plastik dan tidak memiliki desain tabung dalam dan luar.

 

5. Proses pencucian dan pengeringan

Mesin cuci otomatis akan bekerja tanpa Anda harus mengawasinya, khususnya saat proses pengeringan. Cucian Anda bisa kering hingga 90 persen. Namun, ini berbeda dengan mesin cuci dua tabung. Selain Anda harus memindahkan cucian ke bak pengering, proses pengeringan tidak semaksimal mesin cuci otomatis, hanya mencapai 70 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement