Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fahmi Setiawan

Rumus-Rumus Dasar Microsoft Excel Pemula

Teknologi | Thursday, 19 Jan 2023, 22:38 WIB
Aplikasi Microsoft Excel, sumber gambar: detik.com
Aplikasi Microsoft Excel, sumber gambar: detik.com

Salah satu produk besutan Microsoft Office ini menjadi salah satu kemampuan yang wajib dipunyai terutama jika kamu melamar pekerjaan sebagai staff akunting atau bagian manajemen di perkantoran.

Microsoft Excel sangat berguna dalam mendata sebuah dokumen agar tertata rapih, baik dan benar. Pasalnya ada beberapa rumus yang memang dikhususkan untuk itu, sebelum kamu melamar pekerjaan sebagai staff akunting ada baiknya kamu harus menguasai rumus dasar dari Microsoft Excel ini.

Rumus-rumus Dasar Microsoft Excel Pemula

1. Average

Pada MS Excel terdapat rumus yang namanya average, rumus ini fungsinya untuk mendapatkan nilai rata-rata dari kumpulan data yang dibuat, jadi kamu dapat secara otomatis membuat nilai rata-rata tanpa harus menghitungnya satu per satu.

=AVERAGE(number 1, number 2, dan seterusnya)

Cara menggunakannya adalah ketika kamu ingin menentukan nilai rata-rata dari kolom B2 hingga B6 maka kamu bisa menggunakan rumus =AVERAGE(B2:B6) lalu enter, maka akan keluar hasilnya.

2. Sum

Rumus sum pada MS Excel ini dipakai untuk menjumlahkan sekumpulan data di dalam sebuah kumpulan data.

=SUM(number 1, number 2, dst)

Untuk bagan number 1, number 2, dst ini merupakan range data yang akan dijumlahkan. Misalnya jika kamu ingin menjumlahkan kolom B2 sampai B8 dan C2 sampai C8 maka rumusnya =SUM(B2:B8,C2:C8).

3. Max

Rumus max ini digunakan untuk mencari nilai paling tinggi dari suatu kumpulan data.

=MAX(number 1, number 2, dst)

Number 1 dan 2 ini merupakan range data yang akan dicari nilai tertingginya. Untuk mencari nilai tertinggi pada data misalnya D4 sampai D11 maka penulisan rumusnya =MAX(D4:D11) kemudian tekan enter.

4. Min

Jika max adalah mencari nilai tertinggi maka min adalah kebalikannya, min mencari nilai terendah dalam suatu kumpulan data.

=MIN(number 1, number 2, dst)

Misalkan jika kamu ingin mencari nilai terendah dari A2 sampai A6 maka cara penulisan rumusnya =MIN(A2:A6) kemudian enter.

5. Count

Untuk rumus count ini berfungsi sebagai penghitung jumlah data dalam suatu kumpulan yang dipilih, cara penulisannya yaitu.

=COUNT(number 1, number 2, dst)

Cara penggunaannya jika ingin menentukan data dari A2 sampai A10 maka rumusnya =COUNT(A2:A10) dan enter.

Sekilas sum dan count memiliki kesamaan, namun untuk lebih jelasnya count untuk menghitung banyak data sedangkan sum untuk menghitung jumlah nilai datanya.

Rumus di atas adalah rumus dasar bagi pemula, jika ingin belajar lebih lanjut seperti menggunakan power query, membuat x bar, merapikan data upper lower proper dan trim kamu bisa mempelajarinya disini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image