Jumat 20 Jan 2023 00:53 WIB

Kementerian BUMN: Seluruh Pihak Bersatu Bina Pengusaha Muda

Menteri BUMN berharap banyak orang ingin menjadi pengusaha muda.

Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara Pelindo Forum di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Kamis (19/1).
Foto: dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara Pelindo Forum di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Kamis (19/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Ahli Menteri BUMN Bidang Keuangan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Loto Srinaita Ginting menyampaikan seluruh pihak terkait bersatu padu mendorong penguatan UMKM naik kelas sekaligus membina pengusaha muda.

"Kita sepakat pemerintah, kementerian/lembaga, BUMN, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, bersatu untuk mendorong penguatan UMKM naik kelas, termasuk membina pengusaha muda," ucap dia alam peluncuran Program Talenta Wirausaha Bank Syariah Indonesia (BSI) 2023 di Gedung Smesco yang dipantau secara virtual, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Saat ini, lanjutnya, rasio kewirausahaan Indonesia masih berada di kisaran 3,1-3,4 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia. Sementara itu, rasio kewirausahaan di Amerika Serikat dan Eropa yang masuk ke dalam kategori negara maju sudah mencapai persentase 12-14 persen.

Generasi muda harus banyak yang memilih menjadi wirausaha agar Indonesia menjadi negara maju. Loto menemukan banyak kejadian orang-orang yang berada di posisi manajer level tinggi beralih menjadi wirausaha di usia tua, tetapi tak terlalu berhasil.

"(Ketidakberhasilan itu ditenggarai) mungkin kurang muda mulainya, jadi kurang ada asam-garamnya. Jago sebagai manajer belum tentu juga jago sebagai wirausaha. Bersyukurlah kepada BSI yang memberikan kesempatan-kesempatan untuk bisa belajarmengenai wirausaha sejak dari muda," katanya.

Berdasarkan kabar yang diperoleh olehnya, keterlibatan peserta untuk mengikuti Program Talenta Wirausaha BSI paling maksimal 39 tahun.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengharapkan setiap peserta dapat memanfaatkan kesempatan dari Program Talenta Wirausaha BSI untuk menyerap sedalam-dalamnya ilmu maupun pengalaman yang diperoleh.

Dengan demikian, mereka bisa berhasil memberikan manfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya ketika sudah menjadi wirausaha.

"Kembali saya tekankan bahwa satu langkah mewujudkan mimpi dan dalam hal ini meningkatkan kapasitas bersama BSI. Artinya, akan dapat membuka jalan kebaikan yang lebih luas hingga lapangan pekerjaan yang lebih banyak bagi rakyat Indonesia. Satu mimpi usaha yang terwujud dari Talenta Wirausaha BSI akan dapat membawa Indonesia makin makmur, maju, dan mendunia," ungkap Erick.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement