Jumat 20 Jan 2023 04:35 WIB

Persiapan Bandara Kertajati Sebagai Embarkasi Haji Terus Dikebut

Embarkasi Kertajati akan segera dimanfaatkan pada operasional haji 2023.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Embarkasi Kertajati akan segera dimanfaatkan pada operasional haji
Foto: Ist
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Embarkasi Kertajati akan segera dimanfaatkan pada operasional haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief menerima kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kantor Kementerian Agama Jakarta. Pertemuan ini membahas persiapan Bandara Kertajati yang akan dioperasikan pada penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M.

Ridwan Kamil menyampaikan, untuk tahun ini Bandara Kertajati sudah siap digunakan dalam operasional penyelenggaraan haji. Pihaknya terus mempersiapkan sejumlah hal teknis yang belum selesai dan akan dituntaskan sesegera mungkin. 

Baca Juga

“Embarkasi Kertajati akan segera dimanfaatkan pada operasional haji tahun 2023 M/1444 H. Kami dari pemerintah daerah sangat mendukung," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil ini dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Kamis (19/1/2023).

Kang Emil disebut akan segera menyelesaikan akses jalan tol. Tujuannya, untuk memperlancar jalan menuju Bandara Kertajati dan akan memaksimalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Menanggapi hal tersebut, Dirjen PHU Hilman Latief menyambut baik kunjungan Gubernur Jawa Barat. Langlah tersebut dinilai menunjukan keseriusan dan kerjasama yang baik antar Kementerian/Lembaga.

Terkait kesiapan penyelenggaraan di Embarkasi Kertajati, ia pun menyebut setiap pihak akan terus melakukan koordinasi. "Sampai saat ini, untuk kuota Jawa Barat masih sama seperti 2019 atau kuota penuh, yaitu 38.852. untuk pesawat yang akan digunakan masih mengunakan Saudi Arabia,” kata dia.

Hadir dalam kunjungan tersebut jajaran Eselon II dan III Ditjen PHU, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam, serta Jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement