Rabu 18 Jan 2023 21:40 WIB

Haaland Ungkap Peran Solskjaer dalam Upaya Tingkatkan Kemampuan Mencetak Gol

Hal pertama yang dikritik Solskjaer adalah kemampuan Haaland dalam menyundul bola.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Manchester City Erling Haaland.
Foto: Republika.
Striker Manchester City Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Penyerang Manchester City, Erling Haaland, secara khusus mengungkapkan rasa terima kasih terhadap mantan pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. Pelatih asal Norwegia itu dianggap berjasa dalam meningkatkan kemampuan Halaand dalam mencetak gol.

Haaland dan Solskjaer diketahui sempat bekerja sama saat sama-sama masih membela klub asal Norwegia, Molde, tepatnya pada 2017 hingga 2018. Saat itu, Solskjaer tengah melakoni kesempatan kedua menukangi tim yang bermarkas di Stadion Arke tersebut.

Baca Juga

Mantan pelatih Cardiff City itu pula yang mempromosikan Haaland ke tim utama Molde. Kala itu, Haaland masih berusia 17 tahun. Haaland pun masih mengingat pertemuan dan interaksi pertamanya dengan Solskjaer. Hal pertama yang dikritik Solskjaer adalah kemampuan Haaland dalam menyundul bola.

''Saya rasa, hal pertama yang dia ungkapkan kepada saya adalah, 'Anda tidak tahu cara yang benar menyundul bola. Kita harus bekerja untuk itu (meningkatkan kemampuan menyundul Haaland),'' ujar Haaland kepada GQ British, Rabu (18/1/2023).

Akhirnya, selama dua tahun bekerja sama dengan Solskjaer, Haaland berlatih untuk menyundul bola dengan benar. Kini, penyerang berusia 22 tahun itu mengaku kemampuannya dalam menyundul bola dan mencetak gol via sundulan sudah semakin baik. Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja samanya dengan eks penyerang Manchester United tersebut.

''Itulah yang kami lakukan selama dua tahun pada sepanjang periode di Molde. Itu adalah hal yang bagus. Pasalnya, saya tidak bisa menyundul bola, tapi kini saya bisa mencetak gol lewat sundulan. Terima kasih untuk mereka,'' kata eks penyerang Borussia Dortmund tersebut.

Kerja sama antara keduanya berakhir saat Solskjaer menerima pinangan Manchester United untuk membesut tim utama Iblis Merah pada 2018. Sementara Haaland terus bertahan di Molde sebelum akhirnya hijrah ke Red Bull Salzburg pada pertengahan musim 2019/2020.

Di Manchester City, ketajaman Haaland kian terasah. Dari 24 penampilan di semua ajang pada musim ini, Haaland telah mencetak 27 gol dan tiga assist.

Haaland pun memuncaki daftar top skorer sementara Liga Primer Inggris dengan koleksi 21 gol dari 17 laga. Dari 27 gol yang telah dicetak Haaland bersama Man City pada musim ini, tiga gol ditorehkan melalui sundulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement