Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Mewabahnya Seks Bebas atau Zina Jadi Salah Satu Tanda Kiamat

Rabu 18 Jan 2023 15:46 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul

Gerakan menolak seks bebas atau zina.

Gerakan menolak seks bebas atau zina.

Foto: ANTARA/Maulana Surya
Seks bebas atau zina adalah amalan paling keji dan jalan yang sangat buruk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Bukhari meriwayatkan hadits yang menjelaskan tanda-tanda kiamat. Salah satu tandanya adalah mewabahnya perzinaan atau perzinaan terjadi di mana-mana.

أَخْبَرَنَا دَاوُدُ بْنُ شَبِيبٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ أَخْبَرَنَا أَنَسٌ قَالَ لَأُحَدِّثَنَّكُمْ حَدِيثًا لَا يُحَدِّثُكُمُوهُ أَحَدٌ بَعْدِي سَمِعْتُهُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ وَإِمَّا قَالَ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا وَيَقِلَّ الرِّجَالُ وَيَكْثُرَ النِّسَاءُ حَتَّى يَكُونَ لِلْخَمْسِينَ امْرَأَةً الْقَيِّمُ الْوَاحِدُ

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Di antara tanda kiamat adalah ilmu diangkat, kebodohan merajalela, khamer ditenggak, zina mewabah, (jumlah) laki-laki menyusut dan (jumlah) wanita melimpah ruah, hingga jika ada lima puluh wanita itu berbanding dengan seorang laki-laki." (HR Bukhari)

Sementara, Imam Muslim meriwayatkan hadist yang hampir serupa dengan hadist yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari. Di dalam hadist yang disampaikan Imam Muslim, dijelaskan bahwa tanda-tanda terjadinya kiamat, salah satunya zina dilakukan secara terang-terangan.

حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا أَبُو التَّيَّاحِ حَدَّثَنِى أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا

Anas bin Malik mengatakan, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Di antara tanda-tanda terjadinya hari kiamat yaitu diangkatnya ilmu, kebodohan merajalela, banyaknya orang yang meminum-minuman keras, dan zina dilakukan dengan terang-terangan." (HR Muslim)

Alquran menjelaskan bahwa perbuatan zina adalah perbuatan yang sangat buruk. Mendekati zina saja sangat dilarang, apalagi melakukan.

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (QS Al-Isra: 32).

Surah Al-Isra Ayat 32 dalam penjelasan Tafsir al-Muyassar, diterangkan, janganlah kalian mendekati perzinaan dan segala pemicunya, supaya kalian tidak terjerumus ke dalamnya. Sesungguhnya zina itu benar-benar amat buruk, dan seburuk-buruk tindakan adalah perzinaan.

Sementara, penjelasan Tafsir al-Mukhtashar menjelaskan, jauhilah perbuatan zina, serta jauhilah segala sesuatu yang bisa mengantarkan padanya, karena zina adalah amalan paling keji dan jalan yang sangat buruk lantaran akibatnya berupa ketidakjelasan nasab anak hasil zina dan azab Allah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA