Rabu 18 Jan 2023 10:25 WIB

Cara Gampang Kosongkan Memori Internal di Android

Ada beberapa cara untuk mengosongkan penyimpanan internal di ponsel Android.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa cara mudah untuk mengosongkan memori internal di ponsel Android
Foto: FEEDBERRY.COM
Ada beberapa cara mudah untuk mengosongkan memori internal di ponsel Android

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Rasanya menjengkelkan melihat pemberitahuan ‘penyimpanan internal yang lebih sedikit’ muncul dan kemudian menghalangi perangkat Android bekerja secara maksimal. Perlu diingat bahwa total ruang yang ditempati aplikasi adalah penambahan aplikasi itu sendiri, data yang dimilikinya, dan cache.

Misalkan, Anda menginstal Amazon Music di perangkat Anda dan juga telah mengunduh beberapa lagu secara offline. Amazon Music dapat menggunakan ruang di atas 1GB dengan menyimpan data ke dalam cache.

Baca Juga

Anda kemudian memiliki dua pilihan, yakni buka aplikasi Amazon Music dan beri tahu aplikasi untuk menyimpan sejumlah kecil data sambil mendengarkan musik offline atau menghapus data cache secara paksa. Opsi terakhir akan menghapus semua data cache dari aplikasi itu.

Dilansir dari Geek Flare, Rabu (18/1/2023), ada beberapa cara untuk mengosongkan penyimpanan internal di ponsel Android.

  • Dengan menghapus data cache perangkat

Data cache disimpan di perangkat untuk membuat proses cepat dan memberikan pengalaman pengguna yang unggul. Dengan menghapus data yang di-cache, kita meningkatkan kinerja ponsel dan kecepatan memuat konten aplikasi tertentu.

Anda dapat menghapus data cache yang tidak diinginkan dengan membuka ikon Settings di layar perangkat Anda > Ketuk Applications > Applications Manager > Bersihkan Cache. Setelah menghapus data yang di-cache, sebagian ruang penyimpanan akan dipulihkan, dan aplikasi biasanya akan berfungsi kembali.

 

  • Menghapus aplikasi dan file unduhan yang tidak perlu

Menghapus aplikasi dari perangkat Anda adalah salah satu cara yang paling jelas untuk mengosongkan ruang di perangkat Android, Tetapi bagaimana jika semua aplikasi di perangkat Anda penting bagi Anda dalam beberapa hal?

Dalam skenario serupa, Anda dapat menghapus file unduhan yang tidak perlu yang ditempatkan di folder unduhan yang mungkin masuk ke perangkat Anda sebagai cookie. File-file ini umumnya sudah usang dan sangat sedikit atau tidak berguna.

Mereka cenderung menempati ruang penyimpanan internal perangkat. Selain itu, cara lainnya adalah dengan menghapus peta offline. Anda dapat menghapus file dengan mengunjungi aplikasi unduhan dan memilih file yang ingin Anda hapus dengan mengklik dan menahannya.

 

  • Mencadangkan data ke cloud atau Google Drive

Anda dapat mencadangkan foto, video, dan file besar lainnya sepert file gim, film dan video HD ke cloud. Nanti, Anda dapat menghapus file-file itu dari perangkat Anda setelah pencadangan selesai.

Kemudian, Anda dapat mencadangkan file Anda di Google Drive dan foto di Google Photos. Google Drive memberi penggunanya total ruang 15GB dan Anda dapat menggunakan ruang ini di Gmail, Google Photos, dan Google Drive. Dengan cara ini, data yang dicadangkan (file dan foto) akan tetap aman. Selain itu, mencadangkan file ke cloud atau Google Drive hemat waktu karena pencadangan dilakukan setiap kali Anda terhubung ke internet.

 

  • Bersihkan gangguan perangkat Anda secara teratur dengan Files by Google

Files by Google adalah opsi lain untuk menghapus file yang tidak diinginkan atau duplikat dengan mengetuk tombol ‘clean’ di pojok kiri bawah layar perangkat setelah membuka aplikasi File. Files by Google juga memiliki fitur signifikan untuk menyediakan pemberitahuan penyimpanan dan pembersihan kepada pengguna.

Files by Google mengingatkan Anda dengan pop-up tepat waktu untuk membersihkan sampah atau file sementara dan media sebelum perangkat Android kehabisan ruang penyimpanan. Selain itu, ini juga akan membantu Anda menemukan file dan media penting lebih cepat dengan mengklik tombol ‘Browse’.

 

  • Menambahkan kartu SD

Anda bisa menggunakan kartu microSD untuk memberi perangkat Anda penyimpanan tambahan sesuai dengan kebutuhan. Saat ini, sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan slot tambahan untuk kartu SD.

Anda dapat memindahkan data dan file media yang masuk ke kartu SD dari memori perangkat atau menggunakan kartu SD sebagai kartu default Anda untuk menyimpan file yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement