Selasa 17 Jan 2023 16:38 WIB

Stok Vaksin Terbatas, Imunisasi HPV Siswi SD di Kudus Terhambat

Imunisasi HPV diberikan untuk mencegah kanker serviks.

Petugas medis menyiapkan vaksin HPV (Human Papillomavirus) pada kegiatan bulan imunisasi  di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rabu (26/8/2020). Imunisasi yang diikuti siswi kelas V dan VI untuk mencegah infeksi virus HPV (human papillomavirus) itu pelaksanaannya terhambat di Kudus, Jawa Tengah karena keterbatasan stok vaksin..
Foto: ANTARA/ Fakhri Hermansyah
Petugas medis menyiapkan vaksin HPV (Human Papillomavirus) pada kegiatan bulan imunisasi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rabu (26/8/2020). Imunisasi yang diikuti siswi kelas V dan VI untuk mencegah infeksi virus HPV (human papillomavirus) itu pelaksanaannya terhambat di Kudus, Jawa Tengah karena keterbatasan stok vaksin..

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Kudus, Jawa Tengah mencatat pelaksanaan imunisasi Human Papiloma Virus (HPV) untuk mencegah penyakit kanker serviks dengan sasaran siswi kelas V SD atau usia 11 tahun selama akhir 2022 belum mencapai target. Terbatasnya stok vaksin menjadi kendalanya.

"Jika stok vaksin untuk imunisasi tersedia, tentunya sasaran sebanyak 6.695 pelajar yang tersebar di berbagai sekolah di Kabupaten Kudus bisa terealisasi," kata Subkoordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Aniq Fuad di Kudus, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga

Realisasinya, menurut Aniq, baru mencapai 5.630 pelajar atau 84,1 persen dari target imunisasi. Untuk melanjutkan program imunisasi tersebut, pihaknya masih menunggu alokasi vaksinnya.

Aniq menjelaskan program imunisasi HPV merupakan program baru dari Kementerian Kesehatan. Awalnya, pelaksanaannya dijadwalkan hanya satu bulan, namun karena adanya keterlambatan distribusi vaksinnya dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, penuntasannya diperpanjang sampai November 2022.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement