Sabtu 24 Nov 2012 11:00 WIB

Pertamina Pun Peduli Lingkungan

Pertamina
Foto: Antara/Widodo S Jusuf
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tanpa kita sadari asap knalpot menyumbang 26 persen dari total emisi di Indonesia. Menurut data Bappenas, setiap kali kendaraan mengeluarkan asap, sekitar 1.000 unsur beracun yang terkandung di dalamnya.

Asap knalpot merupakan polusi udara yang dampaknya lebih besar di banding polusi dari pabrik. Polusi ini akan menimbulkan penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Karbon monoksida yang dihasilkan dari asap kendaraan akan mengikat hemoglobin dan membuat pernafasan kita terganggu.

Oleh karena itu Pertamina menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan. Salah satunya adalah program Green Planet dan Biopori. Green Planet adalah program Penanaman pohon secara langsung yang dilakukan di berbagai area. Pada tahun 2009 telah didistribusikan sekitar 100.000 pohon, di Jakarta dan wilayah-wilayah operasi Pertamina di Indonesia.

Pada 2009 Pertamina memberikan 12.300 unit Bor Biopori di Jakarta, Jawa Tengah, DIY, dan Tangerang. Biopori berguna untuk membantu percepatan resapan air dan penginvestasian air di dalam tanah. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Pertamina dalam programnya yang berjudul Pertamina Sobat Bumi.

Hal itu juga dipaparkan oleh bapak Audy Arwinandha Nasution selaku asisten customer dari Pertamina dalam acara Republika Online Journalism Training pada Rabu, 14 November 2014 di SMKN 27 Jakarta.

Penulis: Rifti Gita Sulistiyo, (SMAN 77), Meuthia Rachmah (SMAN 35), Tulus Gema Andaru (SMKN 38), Filsa Yulia Kaspha (SMAN 30), Naufal Mahdi (SMKN 2)

sumber : SMA/SMK se Jakarta Pusat
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement