Selasa 18 Dec 2012 20:15 WIB

Mengenal Kamera Lubang Jarum

komunitas lubang jarum
Foto: klji
komunitas lubang jarum

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Lubang jarum adalah metode perekaman dasar dalam ilmu fotografi. Kamera ini bekerja berdasarkan teori optis. Cahaya lolos melalui lubang kecil dan diproyeksikan pada bidang datar. Metode yang digunakan sama seperti kamera digital. Hanya saja sensor cahaya yang masuk direkam menggunakan kertas foto. Umumnya hasil cetak seperti menggunakan lensa fish eye.

Salah satu komunitas terbesar yang ada Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI). Komunitas ini sudah ada sejak 10 tahun lalu. Berdiri tepat pada tanggal 17 Agustus. KLJI ini sudah tersebar diseluruh Indonesia. Di wilayah Depok, komunitas ini bernama Depok Distorsi.  Bermain kamera lubang jarum tidak hanya melatih kemampuan fotografi. Ada banyak hal yang bisa didapat. Misalnya melatih kesabaran, melatih feeling, fisik dan imajinasi.

Alat yang digunakan untuk membuat kamera lubang jarum sangat mudah. Kaleng bekas, cat semprot hitam, alumunium foil, kertas negative, lakban hitam dan jarum.  Setelah melakukan hasil cetak, hasil foto harus di cuci cetak terlebih dahulu. Cuci cetak dilakukan di kamar gelap. Cara yang sama seperti pada kamera analog.  Cairan yang digunakan saat mencuci film adalah Developer, Stopbath, dan Fixer. Developer digunakan sebagai pengembang gambar. Stopbath digunakan sebagai penghenti dari proses pengembangan tadi. Sedangkan Fixer ini digunakan sebagai penetap gambar. Setelah proses pencucian, foto harus dibilas dengan air bersih selama 30 detik.

Penulis: M. Azhari Fauzan  (SMK 3 Perguruan Cikini)

sumber : SMA se DKI Jakarta
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement