Selasa 25 Jun 2013 13:11 WIB

Berbagi Ilmu Jurnalistik, Rol to School Sambangi SMAN 100 Jakarta

Red:
Rol to School SMA 100 Jakarta Timur
Rol to School SMA 100 Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika Online kembali menggelar ajang pelatihan dan pengenalan Jurnalistik ke sekolah-sekolah bertajuk ROL to School (RTS). Kali ini, workshop "Journalism Class" digelar di SMAN 100 Jakarta, tepatnya pada Jumat (21/6) lalu.

Hadir menyampaikan program pengenalan dan pelatihan ilmu jurnalistik adalah Redaktur Pelaksana Republika Online, M Irwan Ariefyanto. Dalam pemaparannya, Irwan berbagi tentang pengalamannya menjadi wartawan; mulai dari bertemu selebriti dan figur publik penting lainnya hingga keliling Indonesia bahkan dunia.

Atas dasar pengalaman ini, Irwan menyuntikkan semangat murid SMAN 100 agar lebih membuka diri dan terus memperluas wawasan tentang bidang jurnalistik maupun bidang terkait lainnya.

Acara workshop digelar secara interaktif. Hal ini membuat jalannya acara terasa seru dan menyenangkan. Terlebih materi disampaikan dengan humor yang membuat suasana menjadi cair. Acara juga digelar interaktif disisipi berbagai simulasi agar murid langsung mempraktikkan teori yang disampaikan.

Praktik yang dilakukan di antaranya simulasi wawancara antara reporter dengan nara sumber, wawancara para murid dengan guru serta ujian singkat menulis fakta. Seluruhnya diikuti para peserta dengan semangat.

Melihat karya murid yang memuaskan, Republika Online (ROL) mengajak mereka terus mengasah kemampuan menulis dengan berkontribusi dalam satu channel yang disiapkan khusus di situs ROL. Bagi tulisan yang paling banyak dibaca, telah disiapkan hadiah menarik.

Selain ilmu menulis, dalam kesempatan itu juga diberikan ilmu fotografi jurnalistik. Redaktur Foto Republika Online, Amin Madani dan sejumlah anggota Komunitas Fotografi Pelajar (KFP) Jakarta Timur menyampaikan teori singaka serta tips dan trik seputar fotografi yang mudah diaplikasikan para murid. 

Amin juga melakukan bedah foto terhadap beberapa hasil jepretan terbaik anggota KFP. Sesi bedah foto berlangsung seru.

Rol Goes to School merupakan program jangka panjang dari Republika Online. Bagi sekolah yang belum berkesempatan dikunjungi tim ROL, siapa tahu sekolah Anda yang selanjutnya.

sumber : http://directory.loveindonesia.com/en/update/detail/1688/membina-potensi-jurnalistik-pelajar-republika-online-rol-goes-to-school-gelar-workshop-di-sman-100-jakarta
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement