Ahad 15 Jan 2023 04:00 WIB

Honda dan LG Resmi Produksi Baterai EV di AS

LGES dan Honda telah berkomitmen investasi 3,5 miliar dolar AS untuk pabrik ini.

Logo LG. LG Energy Solution (LGES) dan Honda Motor Co Ltd (Honda) mengumumkan perusahaan patungannyadi Amerika Serikat bernama L-H Battery CompanyInc, yang akan memproduksi baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik (electric vehicle/ EV) telah resmi berdiri.
Foto: Flickr
Logo LG. LG Energy Solution (LGES) dan Honda Motor Co Ltd (Honda) mengumumkan perusahaan patungannyadi Amerika Serikat bernama L-H Battery CompanyInc, yang akan memproduksi baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik (electric vehicle/ EV) telah resmi berdiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- LG Energy Solution (LGES) dan Honda Motor Co Ltd (Honda) mengumumkan perusahaan patungannyadi Amerika Serikat bernama L-H Battery CompanyInc, yang akan memproduksi baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik (electric vehicle/ EV) telah resmi berdiri.

Usaha patungan itu akan memulai pembangunan pabrik baterai baru awal tahun ini dan diharapkan selesai pada akhir tahun 2024. "Pabrik tersebut akan memulai produksi massal sel baterai lithium-ion canggih pada akhir 2025," kata Honda dalam pernyataan resminya seperti dilansir Antara, Sabtu (14/1/2023).

Baca Juga

Pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi tahunan sebesar sekitar 40 GWh. Semua baterai yang diproduksi akan dipasok secara eksklusif ke pabrik Honda di Amerika Utara untuk menggerakkan kendaraan baterai listrik yang dijual sana.

Pabrik baru akan berlokasi sekitar 40 mil barat daya Columbus di Fayette County, dekat Jeffersonville. LGES dan Honda telah berkomitmen untuk menginvestasikan 3,5 miliar dolar AS dan akan menyerap 2.200 tenaga kerja untuk mendirikan fasilitas produksi baru.

Investasi keseluruhan perusahaan yang terkait dengan usaha patungan ini diproyeksikan mencapai 4,4 miliar dolar AS. Pada investasi awal yang bernilai 210 juta dolar, Honda memiliki andil 49 persen, sedangkan LGES 51 persen yang juga mewakili kepemilikan perusahaan patungan tersebut.

Robert HLee, CEOL-H Battery Company yang juga pemimpin grup regional Amerika Utara untuk LGES, mengatakan, LG Energy Solution memiliki semua aset yang tepat untuk menyukseskan usaha patungan ini.  Termasuk stabilitas keuangan, kualitas, daya saing, dan kapasitas produksi dengan keahlian operasional global.

Rick Riggle, COOL-H Battery Company yang sebelumnya Kepala Pabrik Anna Engine Plant of Honda Development and Manufacturing of America, mengatakan, pembentukan formal usaha patungan antara LG Energy Solution dan Honda untuk memproduksi baterai EV di Ohio ini merupakan langkah besar menuju masa depan elektrifikasi Honda.

LGES, pembuat baterai terbesar kedua di dunia, menggelontorkan lebih dari 20 triliun won untuk meningkatkan kapasitas produksinya di Amerika Utara. Mereka telah membentuk usaha patungan dengan US General Motors Co. dan induk Chrysler, Stellantis NV, untuk memproduksi dan memasok baterai kendaraan listrik.

Honda, pembuat mobil dengan penjualan tertinggi keenam di Amerika Utara, telah meluncurkan rencana untuk menginvestasikan lima triliun yen untuk elektrifikasi dengan tujuan untuk menjual lebih dari dua juta kendaraan listrik pada 2030.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement