Jumat 13 Jan 2023 21:15 WIB

Tujuh Orang Tewas Setelah Tornado Hantam Negara Bagian Selatan AS

Secara nasional, ada 33 laporan tornado terpisah dari National Weather Service.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Kru darurat bekerja pada kabel listrik yang tumbang setelah tornado mendarat di Mount Vernon, Alabama AS pada 12 Januari 2023.
Foto: EPA-EFE/DAN ANDERSON
Kru darurat bekerja pada kabel listrik yang tumbang setelah tornado mendarat di Mount Vernon, Alabama AS pada 12 Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, ATLANTA - Sekurangnya tujuh warga tewas setelah badai besar memicu angin kencang dan tornado di negara bagian selatan Amerika Serikat (AS), Georgia dan Alabama pada Kamis (12/1/2023) waktu setempat. Tornado juga merusak bangunan dan menghamburkan mobil ke jalan di pusat kota bersejarah Selma.

Pihak berwenang mengatakan, detail jelas tentang tingkat keparahan dan pencarian korban tambahan akan dilakukan pada Jumat (13/1/2023) setelah kondisi diperkirakan akan pulih. Setelah badai mereda pada Kamis malam, puluhan ribu rumah tangga kehilangan aliran listrik di kedua negara bagian tersebut.

Enam kematian tercatat di Autauga County, Alabama, 66 kilometer timur laut Selma. Direktur manajemen darurat kabupaten, memperkirakan 40 rumah rusak akibat tornado yang memotong jalur sepanjang 32 kilometer melintasi dua komunitas pedesaan.

"Setidaknya 12 orang terluka cukup parah untuk dibawa ke rumah sakit oleh petugas tanggap darurat," kata Baggett mengutip kantor berita Associated Press, Jumat. Dia mengatakan kru tanggap bencana berfokus menebang pohon yang tumbang untuk mencari orang yang mungkin membutuhkan bantuan.

"Ini adalah yang terburuk yang pernah saya lihat di sini, di daerah ini," kata Baggett tentang kerusakan itu.

Butts County Georgia, Coroner Lacey Prue mengatakan, seorang penumpang tewas ketika sebuah pohon tumbang menimpa sebuah kendaraan di Jackson. Di kabupaten yang sama di tenggara Atlanta, badai telah membuat kereta barang keluar dari jalurnya.

Pejabat di Griffin, selatan Atlanta, mengatakan bahwa banyak orang terjebak di dalam kompleks apartemen setelah pohon tumbang di atasnya. Sebuah toko Hobby Lobby di kota kehilangan sebagian atapnya, sementara di tempat lain di kota, petugas pemadam kebakaran melepaskan seorang pria yang telah terjepit selama berjam-jam di bawah pohon yang tumbang menimpa rumahnya. Kota memberlakukan jam malam mulai Kamis pukul 22.00 hingga 06.00 pada Jumat.

Secara nasional, ada 33 laporan tornado terpisah dari National Weather Service. Mississippi, Alabama, Georgia, Tennessee, Kentucky, Carolina Selatan, dan Carolina Utara semuanya melihat peringatan tornado untuk sementara waktu. Laporan tornado belum dikonfirmasi dan beberapa di antaranya nantinya dapat diklasifikasikan sebagai kerusakan angin setelah penilaian dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement