Kamis 12 Jan 2023 19:30 WIB

Gubernur Kalteng Berharap Kaum Milenial Punya Tekad Membangun Ketahanan Pangan

Pemprov Kalteng akan memberikan modal bagi milenial Kalteng yang ingin bertani

 Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Sekolah Bisnis IPB University melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk penguatan kelembagaan dan pengelolaan bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Provinsi Kalteng, yang dilaksanakan di Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga Lantai 2, Kamis (12/1/2023).
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Sekolah Bisnis IPB University melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk penguatan kelembagaan dan pengelolaan bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Provinsi Kalteng, yang dilaksanakan di Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga Lantai 2, Kamis (12/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pada 20 Agustus 2022 lalu, Pemprov Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan dan Desa dan Sekolah Bisnis IPB University melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk penguatan kelembagaan dan pengelolaan bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Provinsi Kalteng, yang dilaksanakan di Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga Lantai 2, Kamis (12/1/2023).

Usai menyaksikan penandatanganan PKS tersebut, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berkunjung ke Agribusiness dan Technology Park IPB University untuk melihat perkebunan yang ada di sana, diantaranya jambu mutiara dan melon. Pada kesempatan ini Gubernur menyatakan Pemprov Kalteng akan memberikan modal bagi para kaum milenial Kalteng yang ingin bertani.

Baca Juga

“Harapan kita nantinya ada kerja sama antara Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalteng dengan IPB University. Nanti kita akan kirimkan 50-100 orang milenial Kalimantan Tengah untuk belajar di sini, kita bentuk koperasi untuk memperkuat itu dan kita akan bantu dari dana Pemerintah maupun CSR. Ke depan kita akan bangun asrama di sini untuk petani milenial Kalimantan Tengah yang berstudi di sini,” ungkap Gubernur, dalam siaran persnya.

photo
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Sekolah Bisnis IPB University melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk penguatan kelembagaan dan pengelolaan bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Provinsi Kalteng, yang dilaksanakan di Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga Lantai 2, Kamis (12/1/2023). - (Pemprov Kalteng)

Lebih lanjut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan bahwa saat ini keadaan global sudah berubah, dimana adanya pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina sehingga ketahan pangan sangatlah penting. “Kami Provinsi Kalimantan Tengah perlu membangun kerja sama, kami sudah melihat beberapa universitas di Indonesia, salah satunya IPB ini. Kami ingin kaum milenial Kalimantan Tengah punya tekad untuk belajar tentang pertanian dan peternakan, untuk ketahanan pangan sendiri,” kata Gubernur.

Orang nomor satu di Kalteng ini berharap para petani milenial Kalteng ini nantinya bisa menguasai ilmu pengetahuan dan juga teknologi. “Dengan adanya sinergisitas lima PKS ini akan menjadi kekuatan Kalimantan Tengah ke depannya, tinggal bagaimana komitmen dan implementasinya, itu yang paling penting,” pungkas Gubernur.

Sebagai informasi, Pemprov Kalteng dan IPB University juga telah melaksanakan penandatanganan PKS di bidang kelautan dan perikanan, kehutanan, perkebunan, dan pertanian, di Ruang Gardenia Gedung B SB IPB, Rabu (11/1/2023).

Turut hadir Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B Aden, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung, serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. Hadir pula Rektor IPB University Arif Satria dan Civitas Akademika IPB University.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement