Kamis 12 Jan 2023 12:57 WIB

Tip Mulai Usaha di Lokapasar dengan Modal Kecil

Pemilik usaha bisa mulai dengan mempelajari profil calon pembeli.

Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Platform belanja daring Tokopedia membagikan sejumlah kiat bagi Anda yang ingin memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Hal ini senada dengan fakta bahwa sekitar 12 juta penjual telah bergabung di Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha. ''Dari jumlah itu, hampir 100 persen adalah pegiat UMKM dari berbagai latar belakang dan daerah,'' kata Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana dalam keterangannya, Kamis (12/1/2023).

Berikut tip mulai usaha dengan modal kecil dari Tokopedia.

Baca Juga

1. Pastikan ada peminat.

Cari tahu produk terlaris di Tokopedia. Gunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.

 

2.Perhatikan tren produk.

''Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia sendiri, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022,'' jelas Maisyalina.

 

3.Pelajari profil calon pembeli. 

Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut. Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.

 

4.Gunakan fitur untuk memahami pembeli.

''Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual untuk mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin dan lokasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan,'' kata Maisyalina.

 

5.Buat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi. 

Sinergi pemanfaatan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di lokapasar atau e-commerce. Misalnya, buat konten media sosial yang unik dan bisa menjadi ciri khas penjual. Perhatikan tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.

 

6.Bangun interaksi dengan calon pembeli.

Live video streaming dapat dilakukan lewat Tokopedia PLAY untuk membangun interaksi dengan calon pembeli. ''Pertimbangkan live streaming saat peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga mengadakan kuis atau giveaway,'' ujar Maisyalina.

 

7.Bangun tim untuk menunjang bisnis.

''Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Admin Toko di aplikasi Tokopedia Seller yang dapat membantu mengelola toko dengan aman lewat berbagai pilihan peran yang bisa diberikan ke admin toko,'' kata Maisyalina.

 

8.Lakukan performance marketing sesuai kebutuhan.

''Contohnya, pegiat usaha bisa menggunakan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp 250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli,'' ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement