Legislator Minta Orang Tua Ingatkan Anak tak Bawa Lato-Lato ke Sekolah

Legislator menilai permainan lato-lato dapat mengganggu fokus siswa saat belajar

Rabu , 11 Jan 2023, 15:04 WIB
Ilustrasi Permainan Lato-lato
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Permainan Lato-lato

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi X DPR RI, Debby Kurniawan, mendukung kebijakan sejumlah sekolah yang melarang siswanya bermain permainan lato-lato saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sebab, dia menilai, permainan tersebut dapat mengganggu fokus siswa ketika belajar.

"Dikhawatirkan siswa akan menjadi lupa waktu dan lupa tempat, apalagi dalam kegiatan belajar," ujar Debby dalam keterangannya yang dikutip dari laman resmi DPR RI, Rabu (11/1/2023).

Baca Juga

Politikus dari Fraksi Partai Demokrat itu kemudian mengimbau para orang tua atau wali murid dapat membantu sekolah dalam melakukan upaya pembatasan tersebut. Bantuan tersebut dapat berupa mengingatkan anak-anak untuk tidak membawa lato-lato ke sekolah.

"Kami juga mengimbau ke orang tua, agar mengawasi anak-anaknya dalam bermain agar tetap bisa fokus dalam belajar," terang Debby.

Beberapa sekolah di sejumlah daerah yang mulai melarang mainan yang belakangan ramai tersebut, di antaranya yakni sekolah di Kabupaten Bandung dan Lampung. Adapun larangan tersebut dikeluarkan karena dikhawatirkan akan mengganggu proses belajar.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melarang siswa di daerah itu membawa permainan lato-lato ke sekolah karena dapat mengganggu aktivitas belajar.

"Kami minta para siswa tidak membawa lato-lato dan alat permainan lain ke sekolah karena dapat mengganggu aktivitas belajar," kata Kepala Disdikbud Belitung Soebagio di Tanjung Pandan, Senin (9/1/2023).

Disdikbud Belitung memang belum mengeluarkan surat edaran secara resmi atau tertulis terkait larangan membawa lato-lato ke sekolah. Tapi, lanjut dia, imbauan itu baru disampaikan baru sebatas lisan kepada para kepala sekolah dan guru di wilayah itu.

"Pada intinya di sekolah para siswa harus fokus belajar jangan sampai nanti kegiatan belajar mengajar di sekolah terganggu dengan bermain lato-lato," katanya. Suara yang ditimbulkan dari permainan lato-lato dikhawatirkan mengganggu kegiatan belajar di sekolah.