Rabu 11 Jan 2023 05:00 WIB

Disartria Bisa Muncul Tujuh Hari Sebelum Serangan Strok, Seperti Apa Rasanya?

Strok iskemik sering kali didahului oleh strok peringatan alias strok mini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit kepala (ilustrasi). Disartria dapat mendera orang sepekan sebelum mereka mengalami strok.
Foto: Pixabay
Sakit kepala (ilustrasi). Disartria dapat mendera orang sepekan sebelum mereka mengalami strok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang meninggal setelah terserang strok. Itu terjadi karena otak tidak dapat bertahan hidup tanpa suplai darah yang cukup oksigen. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari tahu tanda awal peringatan strok guna menanganinya sesegera mungkin. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Academy of Neurology mengungkap tanda peringatan strok iskemik dapat muncul sekitar tujuh hari sebelum serangan. Dianggap sebagai jenis strok yang paling umum, strok iskemik dipicu oleh bekuan darah yang menghalangi aliran darah dan oksigen ke otak.

Baca Juga

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa 80 persen kasus strok bersifat iskemik dan sering kali didahului oleh strok peringatan atau strok mini. Istilah itu merujuk pada serangan iskemik transien (TIA), yang dipicu oleh gangguan sementara pada suplai darah ke bagian otak.

Masalah kesehatan ini menunjukkan gejala yang mirip dengan strok, tetapi hanya berlangsung beberapa menit dan tidak memicu cedera otak. Salah satu tanda peringatan TIA adalah disartria mendadak.

Secara umum, disartria lebih dikenal dengan kesulitan berbicara. Disartria terjadi ketika otot yang digunakan untuk berbicara melemah atau seseorang kesulitan mengendalikannya.

Tanda peringatan mendadak ini dapat muncul paling cepat sepekan sebelum serangan strok yang jadi darurat medis benar-benar terjadi. Studi mencermati 2.416 peserta yang mengidap strok iskemik.

Pada 549 pasien, serangan TIA muncul sebelum keadaan darurat yang sebenarnya dan terjadi dalam tujuh hari sebelumnya. Sekitar 43 persen peserta dengan strok mini mengalami tanda-tanda awal beberapa kali selama seminggu sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement