Senin 09 Jan 2023 21:38 WIB

Kalah 0-2 dari Vietnam, Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022

Timnas Indonesia kecolongan gol di awal babak pertama dan awal babak kedua.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Vietnam lolos ke final Piala AFF 2022 usai mengalahkan Indonesia di babak semifinal dengan agregat 2-0.
Foto: AP Photo/Nguyen Manh Quan
Timnas Vietnam lolos ke final Piala AFF 2022 usai mengalahkan Indonesia di babak semifinal dengan agregat 2-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia takluk 0-2 saat bertandang ke markas Vietnam pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB. Kekalahan agregat 0-2 membuat Indonesia gagal melaju ke partai puncak Piala AFF 2022.

Sebagai tuan rumah Vietnam memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Indonesia. Vietnam memimpin dengan cepat di menit ketiga pertandingan. Gol diciptakan oleh Nguyen Tien Linh dari umpan jarak jauh dari Do Hung Dung ke kotak penalti. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Baca Juga

Indonesia sejatinya hanya membutuhkan hasil imbang 1-1 atau lebih untuk bisa lolos ke babak final. Dengan regulasi tersebut, Vietnam tentu tak mau membiarkan hal itu terjadi. Tuan rumah terus menekan untuk memastikan kemenangan pada laga ini. Skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Vietnam di paruh waktu.

Vietnam memiliki peluang di menit-menit awal babak kedua. Peluang dimiliki oleh Pham Tuan Hai saat menerima umpan dari Doan van Hau tapi berhasil diblokir oleh Jordi Amat. Lewat tendangan sudut, umpan dari Do Hung Dung berhasil dimaksimalkan dengan tandukan Tien Linh untuk membawa Vietnam memperbesar keunggulan menjadi 2-0.

Indonesia mempunyai peluang dari bola mati di menit ke-52 saat Dendy Sulistyawan dilanggar di area yang menguntungkan bagi Indonesia. Marc Klok mengeksekusi bola mati langsung ke gawang, namun bola berhasil diamankan dengan baik oleh kiper Vietnam Dang Van Lam.

Tiga menit berselang, Dendy mendapat peluang di depan gawang saat menerima umpan dari Saddil Ramdani. Namun tembakan Dendy berhasil diblokir oleh bek dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Pertandingan berjalan dengan tempo cepat, beberapa peluang didapatkan dari serangan balik tapi masih belum membuahkan hasil.

Gawang Indonesia beberapa kali terancam dari serangan balik cepat Vietnam beruntung Nadeo Argawinata mampu mematahkan peluang emas Pham Tuan Hai. Selain itu, ancaman ke gawang Indonesia juga tercipta dari tendangan sudut, beruntung tendangan voli Quang Hai masih meleset dari sasaran.

Skuad Garuda masih kesulitan menembus pertahanan Vietnam. Hingga menit ke-80 tidak ada ancaman berarti ke gawang Vietnam. Beberapa kombinasi serangan selalu dipatahkan di area pertahanan Vietnam.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong mencoba mengubah strategi dengan mengganti beberapa pemain. Witan Sulaeman mampu menciptakan peluang dengan umpan kepada M Rafli di menit ke-83, namun tandukannya meleset dari sasaran. Belum ada lagi peluang yang dimiliki timnas Indonesia hingga tiga menit waktu normal tersisa.

Quang Hai yang justru berhasil menciptakan peluang untuk Vietnam di menit ke-89. Beruntung sepakannya ke gawang berhasil ditepis oleh Nadeo. Tambahan waktu lima menit diberikan oleh wasit. Vietnam berhasil mempertahankan skor 2-0 hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia (3-6-1)

Nadeo Argawinata (kiper); Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, RIzky Ridho; Saddil Ramdani, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan; Dendy Sulistyawan.

Vietnam (5-3-2)

Dang Van Lam (kiper); Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Doan van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Linh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement