Senin 09 Jan 2023 14:23 WIB

Doan Van Hau, Tukang Jagal Vietnam yang Dibenci Fan Sepak Bola Indonesia dan Malaysia

Doan Van Hau kerap melakukan pelanggaran kasar dan provokatif, tapi tidak dihukum.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Doan Van Hau (kanan), pemain Vietnam yang dibenci publik sepak bola Indonesia dan Malaysia.
Foto: EPA-EFE/LUONG THAI LINH
Doan Van Hau (kanan), pemain Vietnam yang dibenci publik sepak bola Indonesia dan Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama bek kiri timnas Vietnam, Doan Van Hau, menjadi sorotan jelang duel leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). Sejumlah aksi pelanggaran dan tekel keras pemain berusia 23 tahun itu menjadi pangkal dari sorotan tersebut.

Terakhir, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menunggah tiga video sekaligus di akun media sosialnya. Video tersebut secara khusus berisi aksi Van Hau saat melakukan pelanggaran keras sepanjang gelaran Piala AFF 2022.

Baca Juga

Meski tidak menyebut secara spesifik nama Van Hau, Shin semua pemain bisa tampil secara sportif dan fair play. Pun dengan sorotan pelatih asal Korea Selatan itu terhadap kinerja wasit yang alpa dalam memberikan sanksi terhadap Van Hau menyusul tekel kerasnya tersebut.

Di video pertama, Van Hau terlihat melakukan tekel dengan menggunakan dua kaki saat berusaha merebut bola dari penyerang Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan. Pun saat Van Hau kedapatan menendang kaki Ricky Kambuaya pada pengujung duel leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022, Jumat (6/1/2023) silam.

Ulah Van Hau ini menambah panjang aksi berbahayanya di atas lapangan. Sebelumnya, Van Hau kedapatan menyikut salah satu pemain Malaysia di laga lanjuta penyisihan Grup B, beberapa waktu lalu. Namun, semua aksi ini luput dari perhatian wasit dan Van Hau melenggang tanpa mendapatkan sanksi apa pun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement