Senin 09 Jan 2023 13:34 WIB

Di luar Ekspektasi, Film M3GAN Mendepak Posisi Avatar 2

Film horor M3GAN menempati puncak box office di AS.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film M3GAN mendepak posisi Avatar; The Way of Water. (ilustrasi)
Foto: Blumhouse Productions
Film M3GAN mendepak posisi Avatar; The Way of Water. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES — Film horor M3GAN memecahkan rekor Avatar: The Way of Water sebagai sinema teratas di box office domestik Amerika Serikat. Sebelumnya, The Way of Water merajai box office domestik AS selama 21 hari berturut-turut.

Perilisan film M3GAN pada Jumat (6/1/2023) langsung menggeser posisi The Way of Water, dengan keunggulan tipis sebanyak 300 ribu dolar AS (Rp 4,67 miliar).  Meski The Way of Water diprediksi akan mendapatkan kembali posisi teratas setelah beberapa waktu, pencapaian M3GAN tetap dianggap signifikan.

 Pasalnya, sinema besutan Universal Pictures dan Blumhouse Productions itu menjadi penantang yang mengejutkan banyak pihak.  Hasil tersebut menunjukkan bahwa film horor beranggaran rendah yang didukung tren media sosial bisa menjadi kekuatan dominan.

Efek khusus spektakuler dan anggaran besar seperti di sekuel Avatar tidak selalu menjadi penentu minat masyarakat terhadap sebuah karya film. Semula, M3GAN diduga hanya akan menunjukkan hasil moderat, tapi semua berubah ketika klip dari cuplikan film menjadi viral di media sosial.

 

Para remaja mulai membagikan klip tarian surealis dari film tersebut di Tiktok dan situs media sosial lainnya.  Universal melihat peluang untuk mengubah sasaran film, lantas mengganti label usia di AS dari "Restricted" menjadi "PG-13" yang lebih ramah penonton muda.

Banyak yang menduga hasil M3GAN tidak akan seperti sekarang tanpa langkah yang dilakukan. Studio tersebut kini memiliki "senjata rahasia" yakni siap merilis video rumahan dan versi streaming dari versi yang sudah ada dan versi label usia "Restricted".

Produser James Wan memberi petunjuk lebih banyak dari versi film dengan label usia "Restricted". "Itu bukan pembantaian skala besar yang ganas, tapi dia (M3GAN) memang membunuh lebih banyak orang," kata Wan, dikutip dari laman Movie Web, Senin (9/1/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement