Senin 09 Jan 2023 11:38 WIB

Viral Video Habib Kribo Sebut Haji ke Arab Hanya Buang-Buang Duit

Berawal dari kritik Kang Emil soal Masjid Al Jabbar, Habib kribo sentil ibadah Haji.

Zen Kribo yang populer disebut Habib Kribo mengkritik bangsa Arab.
Foto: Istimewa
Zen Kribo yang populer disebut Habib Kribo mengkritik bangsa Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Zein Assegaf alias  Habib Kribo mengkritik umat Islam yang menunaikan ibadah Haji ke Makkah, Arab Saudi. Secara khusus, ia menyoroti ada kaum Muslim Indonesia yang sampai melaksanakan Haji lebih dari satu kali. Padahal, Rasulullah semasa hidupnya hanya sekali menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

"Ini ada orang Haji sampai satu, dua, tiga kali. Ini sudah melampaui batas. Akhirnya apa? Melupakan sisi kemanusiaannya," ujar Habib Kribo di akun channel Youtube pribadinya dikutip Republika.co.id di Jakarta, Senin (9/1/2023).

Baca: Pertemuan Habib Quraish Shihab dengan Habib Rizieq Shihab Viral di Medsos

Kritikan yang diutarakan Habib Kribo itu bermula dari keputusan Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil yang membangun Masjid Al Jabbar di Kota Bandung senilai Rp 1 triliun. Ketika sudah diresmikan, masjid yang juga diarsiteki Kang Emil tersebut mendadak banjir kritikan dari masyarakat, terutama warganet.

 

Tidak ketinggalan Habib Kribo menyindir Kang Emil yang dinilai terlalu bermegah-megahan dalam membangun tempat ibadah. Namun, di sisi lain, umat Islam masih hidup dalam kemiskinan. Kritikan yang terlontar pun merembet ke masalah ibadah Haji.

Baca: Masjid Al Jabbar di Kota Bandung Jadi Lokasi Selfie Wisatawan

"Ini apa, tak perlu pamer-pamer benda mati. Kata Nabi apa, kalau mau cari aku, cari di tempat orang-orang yang butuh pertolongan kamu. Tuhan gak parkir di masjid, Tuhan gak parkir Ka'bah," kata Habib Kribo.

Dia melanjutkan, "Ngapain pergi jauh-jauh buang duit ke Arab sana berebut hajar Aswat membuang duit besar, mau cari Tuhan. Tuhan gak di situ, Tuhan ada di tempat orang-orang susah."

Potongan video itu viral dan tersebar di lini masa Twitter. Akun caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Umar Hasibuan ikut mengkritik ucapan Habib Kribo. "Manusia benar-benar menghina Islam. Beginilah kalau hukum kebal terhadap dia," ujarnya melalui akun @UmarHasibuan24.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement