Sabtu 07 Jan 2023 19:00 WIB

Titel The Goat Kian Nyata, Messi Akan Lewati Rekor Ronaldo di Liga Champions

Tahun ini, Messi akan melampaui satu-satunya kebanggaan Ronaldo yang tersisa.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Lionel Messi melanjutkan latihannya bersama tim Paris Saint-Germain Kamis (5/1/2023) di kamp latihan tim di Saint Germain-en-Laye, sebelah barat Paris.
Foto: AP/Thibault Camus
Lionel Messi melanjutkan latihannya bersama tim Paris Saint-Germain Kamis (5/1/2023) di kamp latihan tim di Saint Germain-en-Laye, sebelah barat Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cristiano Ronaldo diperkirakan akan kehilangan salah satu rekornya di Liga Champions setelah resmi pindah dari Manchester United, Inggris ke Al Nassr, Arab Saudi. Pemecah rekornya tidak lain rival abadi dari CR7, Lionel Messi.

Peraih lima kali Ballon d'Or itu telah diperkenalkan oleh Al-Nassr pekan ini, setelah menandatangani kontrak dua setengah tahun setelah dramanya dengan Red Devils. Meninggalkan Eropa, Cristiano tidak akan lagi tampil di Liga Champions.

Baca Juga

Salah satu rekor Cristiano yang bisa dilewati Messi tidak lain sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions. Saat ini, Cristiano menjadi pencetak gol terbanyak dengan 140 gol dalam 183 penampilannya bersama MU, Real Madrid, dan Juventus.

Messi yang masih aktif bermain di Eropa musim ini menjadi penantang terdekatnya dengan 129 gol dalam 161 pertandingan. Raihan dicatatkan saat bermain bersama Barcelona dan Paris Saint-Germain dengan rata-rata 0,8 gol per pertandingan.

Jika konsisten terus mencetak gol dalam tingkat itu, Messi hanya membutuhkan 14 pertandingan untuk menyamai rekor Cristiano. Kemudian, hanya butuh satu gol lagi untuk memecahkan dan jadi pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa.

Meskipun saat ini belum bisa tampil di Liga Champions lagi, sebenarnya Cristiano masih bisa kembali ke kompetisi tersebut pada musim-musim mendatang. Tapi, harus melalui klausul-klausul khusus seperti peminjaman dalam kontraknya di Al Nassr.

Belakangan, Cristiano dilaporkan akan dapat bergabung dengan Newcastle United milik Saudi dengan status pinjaman musim depan jika The Magpies lolos ke Liga Champions. Namun, laporan itu dibantah pelatih Newcastle United, Eddie Howe.

"Kami berharap yang terbaik untuk Cristiano dalam perjalanan barunya, tapi tidak ada kebenaran dalam (laporan) itu dari sudut pandang kami," kata Howe seperti dilansir Republika dari Daily Star UK, Sabtu (7/1/2023).

Pengejaran rekor itu akan dimulai pada Februari saat PSG menghadapi jawara Jerman, Bayern Munich, kandang dan tandang dalam babak 16 besar. Messi dan Cristiano bersaing beberapa tahun terakhir setelah lewati Raul dengan 71 gol.

Tentu, ini bisa dicapai bila PSG mampu melaju ke perempat final dan semifinal musim ini dan musim depan. Yang mana, memberi Messi jumlah pertandingan yang diperlukan untuk melampaui rekor dalam 18 bulan ke depan dengan laju golnya.

Dengan ini, Messi yang sudah punya trofi Piala Dunia akan semakin kental dengan titel The Greatest of All Time (Goat), jauh meninggalkan Ronaldo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement