Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gina Fadhilah Zein

Bagaimana Gaya Kepemimpinan Transformasional Diterapkan pada Instansi Sekolah?

Eduaksi | Friday, 06 Jan 2023, 20:58 WIB
Sumber : LPMP Jatim

Kepemimpinan adalah hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam sebuah organisasi. Kepemimpinan ini harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam manajemen organisasi tersebut. Mungkin masih ada yang belum paham secara deskriptif, apa sih pemimpin itu? Baik, jadi Pemimpin itu adalah seseorang yang jabatannya paling atas dalam suatu organisasi yang harus memilki keahlian untuk mempengaruhi orang lain agar tujuan yang diinginkan organisasinya tercapai.

Sedangkan, kepemimpinan transformasional merupakan metode kepemimpinan dengan berusaha mengubah persepsi, membangkitkan semangat, dan menggugah bawahan atau anggota organisasi untuk bekerja lebih giat guna mencapai tujuan organisasi tanpa merasa tertekan. Nah, gaya kepemimpinan ini dianggap baik diterapkan karena mengutamakan tujuan organisasi tanpa menekan anggotanya dalam melaksanakan tugasnya. Karena dengan adanya tekanan yang besar terhadap karyawan, sedikit kemungkinan membuat karyawan dalam orgaisasi tersebut cenderung tidak nyaman.

Kemudian, apa tonggak yang paling penting pada proses pendidikan formal di sekolah? Ya, tonggak paling pentingnya yaitu bagaimana kepala sekolah melaksanakan fungsi dan wewenangnya. Kepemimpinan kepala sekolah dalam bidang pendidikan itu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sekolah tersebut dalam mengemban proses pendidikan. Penelitian tentang keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah menetapkan prioritas dan langkah sekolah.

Seorang kepala sekolah dalam menerapkan gaya kepemimpinan transformasional harus paham komponen-komponen apa saja dalam gaya kepemimpinan tersebut. Menurut Bass dan Riggio (2006:6-7) komponen yang dimaksud yaitu memiliki pengaruh yang ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, serta pertimbangan individual. Keempat komponen utama tersebut dapat dilaksanakan di lembaga sekolah dan yang melaksanakan komponen tersebut tentunya adalah kepala sekolah, sebab beliau memegang peranan yang sangat penting dalam peningkatan mutu sekolah.

Kesimpulannya, kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang secara transformasional harus mengambil keputusan yang tepat, berkomunikasi dan menginformasikan, serta mengerahkan berbagai sumber daya agar mau dan mampu melaksanakan kepemimpinan atau manajemen pendidikan untuk mencapai produktivitas pendidikan yang tinggi tanpa adanya tekanan. Kepala sekolah bertanggung jawab untuk mengatur proses pengajaran sedemikian rupa sehingga ia harus selalu mengarahkan pengajaran sedemikian rupa sehingga pengelolaan pengajaran, evaluasi, bimbingan, konseling dan pengembangan dapat dilakukan dengan lebih baik.

Gina Fadhilah Zein, Mahasiswa Administrasi Publik

FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi :

http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/802

https://www.pelatihan-sdm.net/perilaku-yang-menunjukkan-kepemimpinan-transformasional/

http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/802/695

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image