Jumat 06 Jan 2023 19:29 WIB

Hujan Guyur Kota Semarang, Perumahan Dinar Mas Kebanjiran

Banjir diperparah dengan tanggul diduga jebol di salah satu titik di Sungai Pengkol.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Warga bersama anaknya menerobos banjir di Kelurahan Trimulyo, Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (3/12/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga bersama anaknya menerobos banjir di Kelurahan Trimulyo, Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (3/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Puluhan rumah di Perumahan Dinar Indah di Tembalang, Kota Semarang, dilanda banjir menyusul hujan deras yang mengguyur ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut pada Jumat (6/1/2023) sore WIB. Banjir diperparah dengan tanggul yang diduga jebol di salah satu titik di Sungai Pengkol yang melintas di kawasan itu.

Aliran Sungai Pengkol dengan hulu di wilayah Kabupaten Semarang bermuara ke Sungai Babon di Kota Semarang. Salah seorang warga, Yuwono (45 tahun), menuturkan, debit air cukup tinggi akibat kiriman dari wilayah Ungaran yang juga diguyur hujan. "Air tiba-tiba masuk dan merendam permukiman," katanya di Kota Semarang, Jumat.

Menurut dia, banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan harta bendanya. Selain itu, lanjut Yuwono, terdapat juga warga yang memilih menyelamatkan diri ke bagian atap rumah.

Petugas gabungan SAR, kepolisian, dan TNI telah dikerahkan ke lokasi banjir untuk membantu evakuasi warga ke lokasi yang lebih aman. Hujan deras mengguyur wilayah Semarang dan sekitarnya sejak sore hingga malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement