Kamis 05 Jan 2023 18:45 WIB

Sah, David De Gea Umumkan Ingin Pensiun di Manchester United

De Gea kini berusia 32 tahun, sudah di MU sejak 2011.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penjaga gawang Manchester United David de Gea melihat keluar selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Wolverhampton Wanderers dan Manchester United di Stadion Molineux di Wolverhampton, Inggris, Sabtu, 31 Desember 2022.
Foto: AP/Rui Vieira
Penjaga gawang Manchester United David de Gea melihat keluar selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Wolverhampton Wanderers dan Manchester United di Stadion Molineux di Wolverhampton, Inggris, Sabtu, 31 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kiper Manchester United David de Gea mengumumkan niatnya untuk gantung sepatu di Old Trafford di tengah spekulasi seputar masa depannya. Pemain internasional Spanyol itu kini telah memasuki enam bulan terakhir dari kontraknya dengan Setan Merah dan bebas untuk memulai diskusi dengan klub asing mengenai perjanjian prakontrak.

De Gea, yang telah bersama Man United sejak 2011, kemudian bisa pergi dengan status bebas transfer di akhir musim, dan Setan Merah belum mengaktifkan klausul perpanjangan satu tahun yang dilaporkan dalam kontraknya.

Baca Juga

Pemain berusia 32 tahun itu telah mempertahankan posisinya sebagai nomor satu Man United di bawah Erik ten Hag, setelah mempertahankan Dean Henderson dan Martin Dubravka yang sejak itu kembali ke klub induk Newcastle United.

Meski demikian, Setan Merah telah dikaitkan dengan sejumlah penjaga gawang jika De Gea hengkang, yaitu Jan Oblak, Jordan Pickford, Yann Sommer, dan Diogo Costa.

Jack Butland dari Crystal Palace juga dianggap menarik bagi Man United, yang telah ditinggalkan dengan Tom Heaton sebagai cadangan senior mereka setelah kembalinya Dubravka ke Newcastle.

Namun, berbicara kepada Sky Sports News, De Gea - yang akan berusia 33 tahun pada bulan November - mengungkapkan keinginannya untuk terus menjaga gawang Setan Merah sampai ia mengakhiri karir bermainnya.

 

Ketika ditanya tentang pembicaraan kontrak yang bergemuruh di latar belakang, De Gea menjawab: "Saya sangat santai. Saya hanya fokus pada pelatihan, melakukan yang terbaik yang saya bisa. Tapi, yang pasti, ini akan berakhir dengan cara yang baik."

"Saya berharap (untuk bertahan selama sisa karir saya). Saya mengatakan ini adalah klub saya, saya telah berada di sini selama bertahun-tahun dan merupakan kehormatan besar untuk berada di sini dan saya sangat senang di sini."

Alih-alih memicu perpanjangan satu tahun hingga 2024, seperti yang telah mereka lakukan untuk Diogo Dalot, Marcus Rashford, Fred, dan Luke Shaw, Man United tampaknya sedang mendiskusikan perjanjian jangka panjang dengan De Gea.

Sejak tiba dari Atletico Madrid dengan bayaran 25 juta euro pada musim panas 2011, De Ge telah mencatatkan 177 clean sheet dalam 510 penampilan untuk Man United di semua turnamen.

Pemain berusia 32 tahun itu membanggakan 12 laga tak kebobolan dari 23 pertandingan di musim 2022-23, mengunggah yang terbaru dalam kemenangan Liga Premier 3-0 hari Selasa atas Bournemouth di Old Trafford.

De Gea telah memenangkan Liga Premier, Liga Europa, Piala FA, Piala EFL, dan tiga Community Shield di Theatre of Dreams, meskipun ia sekarang mendekati tahun keenamnya tanpa satu pun trofi klub.

Man United menyamakan poin dengan Newcastle United yang berada di posisi ketiga berkat kemenangan tiga gol mereka atas Bournemouth, dan Red Devils yang berada di posisi keempat unggul dua poin dari Tottenham Hotspur dengan satu pertandingan tersisa.

Skuad Ten Hag selanjutnya memulai pencarian mereka untuk kejayaan Piala FA ketika mereka menghadapi Everton di Old Trafford pada Jumat malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement