Rabu 04 Jan 2023 07:00 WIB

Situs Arkeologi Islam Ditemukan di Afghanistan

Situs arkeologi Afghanistan yang ditemukan berasal dari masa awal Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Situs Arkeologi Islam di Afghanistan
Foto: Ariananews
Situs Arkeologi Islam di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID,PULI ALAM -- Sebuah situs arkeologi Islam dilaporkan ditemukan di dekat kota Pul Alam, ibu kota provinsi Logar, Afghanistan. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Departemen Informasi dan Budaya Logar, Rafiullah Samim, Senin (2/1/2023) malam.

Dilansir di Ariana News, Rabu (4/1/2023), Samim mengatakan kepada media bahwa situs tersebut terletak di kawasan Spiz kota Pul Alam.

Baca Juga

Menurutnya, situs arkeologi tersebut diyakini berasal dari masa Islam (622 M – 1258). Para arkeolog dari Kementerian Informasi dan Kebudayaan mengidentifikasi periode setelah penduduk setempat memberi tahu kementerian tentang keberadaannya.

Lebih lanjut, ia menyebut pihak yang menemukan situs arkeologi tersebut merupakan warga setempat, yang kemudian melapor kepada pihak terkait. Samim juga menunjukkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga situs arkeologi telah diambil oleh kementerian.

Provinsi Logar memiliki banyak situs sejarah dan arkeologi yang berusia ratusan tahun. Termasuk salah satunya berada di wilayah Mes Aynak, yang memiliki banyak monumen sejarah dan kuno dari zaman pra-Islam, yang dikenal sebagai periode Buddha.  

Sumber:

https://www.ariananews.af/islamic-era-archeological-site-discovered-in-afghanistans-logar-province/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement