Rabu 04 Jan 2023 04:17 WIB

Nyobain Uniknya Bakso Selimut Kabut yang Jadi Menu Andalan di Resto MS Bogor

Seluruh bakso yang diproduksi merupakan bakso talas.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pemilik Resto MS Sholikhah sedang mengambil bakso selimut kabut. Bakso ini menjadi salah satu menu andalan di restoran yang terletak di Bogor, Jwa Barat ini. .
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Pemilik Resto MS Sholikhah sedang mengambil bakso selimut kabut. Bakso ini menjadi salah satu menu andalan di restoran yang terletak di Bogor, Jwa Barat ini. .

 REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sajian bakso yang tak biasa disuguhkan dalam sebuah mangkuk gerabah. Asap tipis menguar, bersamaan dengan aroma yang menggugah selera. Tampak sebutir bakso berukuran besar dan beberapa butir bakso berukuran kecil terendam kuah.

Bakso yang berukuran besar terlihat kontras sebab terbungkus sesuatu. Ternyata, "bungkusan" berwarna kekuningan itu adalah telur, yang menjadi pelapis. Berkebalikan dengan konsep biasa yaitu bakso isi telur, pada hidangan ini justru telur yang berisi bakso.

Baca Juga

Menu bernama bakso selimut kabut ini menjadi salah satu menu andalan di Resto Mama Shakila (MS) di Cibuluh, Kota Bogor, Jawa Barat. Pemilik restoran sekaligus penggagas menu, Siti Sholikhah, menyampaikan inspirasi nama selimut kabut, sebab bakso seperti "terselimuti".

"Untuk pembuatan bakso ini dua kali produksi. Pertama, dibuat adonan bakso dulu hingga jadi. Kemudian telur dikocok, diberi bumbu, dicetak untuk membungkus bakso, dan direbus lagi," kata Sholikhah kepada Republika.co.id, Selasa (3/1/2023).

Ketika dicicipi, kuah bakso selimut kabut terasa sarat kaldu. Kuahnya orisinalnya terasa gurih. Ada pilihan lain yakni kuah mercon untuk penyuka pedas.

Untuk tekstur baksonya, terasa lembut dan kenyal, serta berpadu dengan telur. Menariknya, kombinasi bakso dan adonan telur melengkapi satu sama lain, pas di lidah.

Pembeda lain di Resto MS adalah seluruh bakso yang diproduksi merupakan bakso talas. Adonan bakso dibuat dari daging sapi premium dan pati talas organik. Semua menu disajikan dalam mangkuk gerabah sehingga suhu hidangan tetap terjaga hangat hingga beberapa waktu.

Aneka menu lain di rumah makan ini yakni bakso telur, bakso isi daging, bakso urat, bakso polos komplet, bakso tulang rusuk, bakso iga, bakso beranak mercon, serta bakso tulang sumsum rawit keju. Semua tersedia dalam dua pilihan kuah, orisinal dan mercon.

Porsi setiap mangkuknya terbilang besar, sehingga sangat memungkinkan jika satu mangkuk bakso disantap dua orang. Selain bakso selimut kabut, ada juga bakso tulang sumsum rawit keju yang memanjakan lidah. Gabungan cabai rawit dan keju menghadirkan perpaduan pedas dan gurih yang "nendang". Sumsum besar yang disajikan di mangkuk berbeda bisa diseruput hingga puas menggunakan sedotan.

Jika tidak sedang ingin makan bakso, terdapat pilihan berbagai varian mi ayam. Misalnya, mi ayam orisinal dengan delapan pilihan topping lezat. Ada juga mi ayam lada hitam dan mi ayam hotplate dengan level pedas yang bisa diatur sesuai selera, mulai skala satu sampai 10. Cita rasa manis menonjol dari mi ayam orisinal, sedangkan mi lada hitam memiliki bumbu pekat yang lezat.

Aneka menu bakso talas dan mi ayam dijual mulai harga Rp 19 ribu sampai Rp 77 ribu. Seluruh menu bakso juga tersedia dalam bentuk siap santap serta produk beku.

Resto MS pun menyediakan produk tahu bakso talas. "Biasanya pelanggan membeli tahu bakso untuk dijadikan oleh-oleh. Tapi kami juga menyediakan tahu bakso yang ready to eat," kata Sholikhah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement