Rabu 04 Jan 2023 04:25 WIB

32 Perempuan Arab Saudi Penuhi Syarat Jadi Masinis

Mereka adalah lulusan perdana masinis Kereta Ekspres Haramain.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Kereta api Haramain. 32 Perempuan Arab Saudi Penuhi Syarat Jadi Masinis
Foto: suadigazette
Kereta api Haramain. 32 Perempuan Arab Saudi Penuhi Syarat Jadi Masinis

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Perusahaan Kereta Api Saudi (SAR) merayakan kelulusan masinis wanita Kereta Ekspres Haramain angkatan pertama. Seperti dilansir Saudi Gazette pada Selasa (3/1/2023) sebanyak 32 wanita Saudi telah memenuhi syarat SAR untuk mengemudikan salah satu kereta tercepat di dunia itu.

 

Baca Juga

SAR menerbitkan video di akun resmi Twitter-nya yang menunjukkan bagian dari operasi pelatihan dari dalam kabin pengemudi yang dijalani peserta pelatihan untuk memenuhi syarat mereka mengemudikan kereta. Pelatih dan kapten kereta api, Mohannad Shaker, mengatakan Kereta Haramain ingin melatih kapten pria dan wanitanya untuk mencapai standar keselamatan dan keamanan tertinggi untuk menjamin kereta bergerak dari stasiun dan mencapai tujuan akhirnya tanpa penundaan atau masalah.

 

Para nahkoda kereta api wanita ini mengungkapkan kebanggaan mereka mendapatkan kesempatan untuk menjadi masinis kereta api wanita pertama di Timur Tengah. Mereka menegaskan bahwa mengangkut jamaah dan pengunjung memberi mereka motivasi untuk bekerja dengan sangat hati-hati.

 

Salah satu peserta menunjukkan bahwa mereka dilatih untuk mengemudikan Kereta Ekspres Haramain melalui simulator yang benar-benar mewakili kenyataan, karena berisi kabin pengemudi yang sebenarnya, di mana semua faktor cuaca dan masalah teknis yang mungkin mereka temui saat mengemudikan kereta sepenuhnya diuji, untuk membantu dan mempersiapkan mereka untuk perjalanan nyata.

 

Otoritas Umum Transportasi mengatakan wanita Saudi yang memenuhi syarat untuk menjadi pengemudi Kereta Ekspres Haramain merupakan kelanjutan dari pemberdayaan wanita di sektor layanan transportasi dan logistik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement