Selasa 03 Jan 2023 10:15 WIB

Ini Bagian Mobil yang Harus Diperiksa Setelah Dipakai Liburan 

Pemeriksaan yang tepat dapat membuat mobil efisien mengonsumsi bahan bakar.

Montir memeriksa mesin dan kaki-kaki mobil di bengkel mobil Toyota Auto 2000 beberapa waktu lalu
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Montir memeriksa mesin dan kaki-kaki mobil di bengkel mobil Toyota Auto 2000 beberapa waktu lalu

REPUBLIKA.CO.ID, Liburan Tahun Baru 2023 telah usai. Para pengguna mobil pribadi yang menggunakan jalur darat harus memeriksa mobilnya sebelum kembali digunakan sehari-hari. Apa saja yang harus diperiksa dan bagaimana supaya konsumsi mobil tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Berikut tips dari Auto 2000.

 

1. Periksa Ban Mobil

Ban mobil harus siap menerima berbagai kondisi jalan yang dilewati ketika libur tahun baru, selain mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Oleh sebab itu, wajib periksa tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir pelek mobil. Segera bawa ke bengkel resmi untuk pengecekan. Periksa ban cadangan, lakukan spooring dan balancing untuk menjaga kondisinya.

2. Cek Oli Mesin

Dibutuhkan pelumas yang sanggup melindungi mesin dari gesekan antarkomponen sehingga mesin dapat bekerja optimal. Cek kondisi oli mesin karena sudah kerja keras, pastikan volumenya sesuai takaran dan tambah kalau kurang. Perhatikan juga warnanya, jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air. Segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk pengecekan kalau ditemukan hal mencurigakan.

3. Waspada Kaki-kaki Mobil

Perhatikan shock absorber dari kebocoran, dan karet-karet penyangga di sekitarnya dari potensi getas atau robek. Cek kondisi selang rem untuk mencegah kebocoran. Lihat kondisi kampas rem cakram, sedangkan rem tromol cermati kebocoran dengan memperhatikan dinding tromol rem. Periksa bagian lain di kolong mobil untuk memastikan tidak ada masalah.

4. Kondisi Mesin Wajib Prima

Bersihkan mesin dengan kain lap basah supaya terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakah ada masalah. Jika tidak ada, bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin.

Dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi. Jika sampai ada masalah, cara terbaik untuk mengecek dan memperbaiki adalah dengan membawa mobil ke bengkel resmi.

5. Inspeksi Cairan Mobil

Komponen bergerak pada mobil banyak yang bergantung pada cairan. Start dari mengecek cairan radiator bersama tabung cadangan air radiator. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan cairan rem dan pembersih kaca depan.

Periksa volume tabung fluida kopling untuk mobil transmisi manual. Cek ketinggian air aki, lanjut bersihkan permukaan tutup pengisi dan terminal aki. Lanjut cek volume minyak power steering hidrolis, dan pastikan freon AC tidak kurang.

6. Bersihkan Kabin dan Bagasi Mobil

Pastikan seluruh bagian mobil dicuci bersih, mulai dari bodi, kolong mobil, ruang mesin, hingga kabin dan bagasi. Kabin dan bagasi harus diberi perhatian lebih, mengingat dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang.

Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga kebersihannya. Kita bisa menyemprotkan bahan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement