Senin 02 Jan 2023 20:31 WIB

Ini Deretan Aplikasi untuk Kelola Dokumen

Tiap aplikasi ini tentu memiliki keterbatasan dan keunggulannya masing-masing.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi pihak ketiga seperti Dropbox dapat membantu mempermudah pengelolaan dokumen.
Foto: dropbox.com
Aplikasi pihak ketiga seperti Dropbox dapat membantu mempermudah pengelolaan dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Ada banyak pilihan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna gawai untuk memindai, menandatangani, hingga membagikan dokumen. Tiap aplikasi ini tentu memiliki keterbatasan dan keunggulannya masing-masing. Apa sajakah?

1. Dropbox 

Baca Juga

Ini merupakan aplikasi yang dikenal dengan layanan penyimpanan cloud dan file syncing untuk ponsel Android dan iOS. Namun, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memindai dan menyimpan dokumen dalam bentuk PDF, serta membubuhkan tanda tangan secara digital. Namun fitur tanda tangan ini baru bisa diakses oleh pengguna iOS. Untuk mengakses fitur ini, pengguna iOS dapat membuka dokumen terlebih dahulu, lalu memilih ikon Open, kemudian memilih opsi Add Text or Signature.

2. HelloSign

Aplikasi lain yang tak kalah menarik adalah HelloSign yang juga bisa digunakan pada ponsel Android dan iOS. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk memindai, membubuhkan tanda tangan, serta membagikan dokumen.

 

3. DocuSign

Rekomendasi aplikasi lainnya adalah DocuSign yang bisa digunakan oleh pengguna ponsel Android dan iOS. Aplikasi ini berfokus pada fitur pembubuhan tanda tangan secara digital pada dokumen. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola banyak tanda tangan. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur pemindai dokumen terintegrasi, memungkinkan pengguna untuk meng-import dokumen dari sumber lain, serta memiliki fitur untuk mengirimkan dokumen melalui berbagai aplikasi yang terpasang di ponsel.

 

4.Acrobat Reader

Acrobat Reader juga dapat menjadi pilihan bagi pengguna Android dan iOS. Aplikasi ini juga dapat menangani urusan pemindaian, pemberian tanda tangan, serta pengiriman dokumen dalam format PDF.

 

5. JetSign

Bila menginginkan aplikasi yang muda digunakan, JetSign bisa menjadi pilihan. Aplikasi yang bisa digunakan pada ponsel Android dan iOS ini memungkinkan pengguna untuk membubuhkan tanda tangan, tanggal, hingga teks lain ke dalam dokumen hanya dengan dua kali sentuh. Aplikasi ini juga menawarkan banyak fleksibilitas, mulai dari tampilan tanda tangan hingga cara pengiriman dokumen. Dokumen yang diedit melalui aplikasi ini hanya bisa tersimpan dalam bentuk PDF, tetapi aplikasi ini bisa mengimpor dokumen dengan berbagai format. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement