Senin 02 Jan 2023 19:00 WIB

Ini Cara Cepat isi Baterai iPhone

Ada fitur khusus di iPhone yang harus diaktifkan terlebih dahulu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Petugas menunjukan seri iPhone 14 Pro kepada pelanggan dalam satu ajang di Jakarta (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas menunjukan seri iPhone 14 Pro kepada pelanggan dalam satu ajang di Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Cara pengisian daya atau baterai ponsel berubah. Pemilik ponsel tidak perlu lagi mencolokkan ponselnya ke soket daya untuk membuatnya 100 persen secepat mungkin, karena ponsel terbaru memiliki pilihan fitur pintar untuk mengisi baterai mereka dengan cara yang lebih cerdas.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel secara keseluruhan, serta mencoba dan memastikan baterai tetap dapat diandalkan lebih lama.

Baca Juga

Dilansir dari Gizmodo, Senin (2/1/2023),  penting untuk mengetahui tentang cara yang tepat untuk mengisi baterai yang optimal (optimized charging) yang akan diambil ponsel Anda saat Anda menyambungkannya, dan cara mematikannya ketika Anda perlu mengisi daya baterai sebanyak dan secepat mungkin. Inilah cara kerja pengisian baterai pada iPhone yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak iOS 13, iPhone memiliki fitur yang disebut pengisian daya baterai yang dioptimalkan (optimized battery charging). Fitur itu, menurut Apple “belajar dari kebiasaan pengisian daya harian Anda untuk meningkatkan masa pakai baterai Anda”—dengan kata lain, ponsel Anda mengingat bagaimana itu digunakan sepanjang hari. Jadi ia tahu kapan perlu mengisi daya baterai sebanyak mungkin, dan kapan kemungkinan besar Anda menyambungkannya ke sumber daya.

Fitur ini diaktifkan secara default saat iPhone siap digunakan dan Anda akan mendapatkan notifikasi saat pengoptimalan sedang diterapkan. Bagaimana caranya?

Buka Settings di iOS dan ketuk Battery, lalu Battery Health & Charging untuk melihat kapasitas baterai Anda saat ini: Artinya, berapa banyak kapasitasnya yang tersisa dibandingkan dengan saat gawai tersebut masih baru.

Ini adalah angka yang dirancang untuk menjaga pengisian daya yang dioptimalkan setinggi mungkin selama mungkin. Ini hanyalah sifat dari baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang sehingga kapasitasnya menurun seiring waktu.

Pada layar yang sama Anda dapat menonaktifkan fitur Optimized Battery Charging, yang akan mengembalikan perilaku pengisian daya cara lama dengan mengisi daya baterai secepat mungkin saat ponsel tersambung ke sumber daya. Saat Anda menonaktifkan pengisian daya yang dioptimalkan, Anda akan ditanya apakah ingin menonaktifkannya hingga hari berikutnya, atau hingga Anda memutuskan untuk mengaktifkannya kembali.

Perlu dicatat bahwa fitur pengisian daya yang dioptimalkan di iOS menggunakan informasi lokasi yang dilaporkan oleh telepon, sehingga layanan lokasi perlu diaktifkan agar semuanya berfungsi. Saat iPhone Anda berada di lokasi yang asing—Anda sedang bepergian, misalnya- fitur pengisian daya yang dioptimalkan tidak digunakan, karena iOS tidak dapat dengan mudah memprediksi kebiasaan pengisian daya ponsel Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement