Senin 02 Jan 2023 15:39 WIB

Dokter Beri Tiga Saran untuk Jaga Kesehatan Anak Sepanjang 2023

Orang tua disarankan untuk mewaspadai sengatan sinar matahari terhadap anak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Saran dari dokter untuk menjaga kesehatan anak. (ilustrasi)
Foto: Corbis.com
Saran dari dokter untuk menjaga kesehatan anak. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengawali tahun yang baru, orang tua perlu ekstra berhati-hati dalam menjaga kesehatan buah hati. Dokter umum asal Melbourne, Australia, Preeya Alexander, membagikan tiga saran utama agar kesehatan anak-anak tetap terjaga.

Ketiga saran tersebut yakni:

Baca Juga

1. Waspada sengatan matahari 

Nasihat pertama dari Alexander adalah agar orang tua mewaspadai sengatan sinar matahari terhadap anak. Dia mengingatkan paparan matahari terus-menerus secara berlebihan dapat meningkatkan risiko melanoma pada kemudian hari.

Untuk anak di bawah enam bulan, hindari sengatan matahari dengan memakai pakaian yang melindungi kulit dan mencari tempat berteduh. Untuk anak di atas enam bulan, sudah dapat menggunakan tabir surya, tetapi pantau dulu reaksinya terhadap tubuh sekitar 24 jam sebelum aplikasi menyeluruh.

2. Perkenalkan alergen sejak dini

Nasihat kesehatan kedua dari Alexander yang perlu diingat oleh orang tua baru adalah memperkenalkan alergen sejak dini. Idealnya, sebelum anak menjadi alergi terhadap berbagai alergen, berikan itu secara konsisten dalam menu harian sebelum usia satu tahun.

Alergen bisa berupa makanan yakni beberapa jenis makanan pencetus alergi yang paling umum seperti telur, susu sapi, gandum, kacang tanah, wijen, kedelai, ikan, dan kerang. Apabila konsumsi awal itu berhasil tanpa reaksi alergi, jangan ragu untuk terus memasukkannya dalam menu anak.

3. Pertimbangkan imunisasi tambahan

Alexander menyarankan orang tua mengikuti jadwal imunisasi yang direkomendasikan, lantas mempertimbangkan sejumlah imunisasi tambahan. Hal itu cukup penting guna mengantisipasi penyakit yang tak diinginkan dan memberikan perlindungan optimal pada anak, dikutip dari laman Daily Mail, Senin (2/1/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement