Senin 02 Jan 2023 11:10 WIB

5 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental di Tahun Baru 2023

Membatasi main gadget dan olah raga jadi cara tingkatkan kesehatan mental di 2023

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kesehatan mental (ilustrasi).  Di tahun 2023, harus bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi salah satunya kesiapan mental. Mental yang sehat akan membuat hasil yang baik.
Foto: www.freepik.com
Kesehatan mental (ilustrasi). Di tahun 2023, harus bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi salah satunya kesiapan mental. Mental yang sehat akan membuat hasil yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tahun 2023, harus bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi salah satunya kesiapan mental. Mental yang sehat akan membuat hasil yang baik.

Dilansir dari healthshots pada Senin (2/1/2023), ketika berbicara tentang masalah kesehatan mental, kebanyakan orang tidak menganggapnya sebagai masalah serius bahkan ketika mereka menghadapinya.

Ini adalah faktor signifikan yang berkontribusi terhadap peningkatan masalah kesehatan mental di antara orang-orang. Untuk mengatasi masalah, sangat penting untuk mengakuinya.

Berikut lima cara meningkatkan kesehatan mental di tahun 2023 yaitu :

1. Tenangkan Pikiran

Mengetahui cara merilekskan pikiran Anda saat cemas sangat penting jika Anda ingin memerangi kesulitan kesehatan mental. Cobalah pendekatan yang berbeda sampai Anda menemukan pendekatan yang membantu Anda mengatasi hal-hal negatif. Anda dapat memilih aktivitas penuh perhatian yang membantu Anda tetap tenang sambil mengelola beberapa rangkaian kehidupan yang berjalan pada waktu yang bersamaan. Hasilnya, pikiran Anda akan benar-benar rileks.

2. Komunikasi

Jangan putuskan diri Anda dari keluarga dan teman setiap kali Anda berada dalam situasi stres. Sebaliknya, cobalah untuk berkomunikasi dan berbagi masalah Anda. Pada saat stres dan khawatir, membicarakan pikiran Anda dapat membantu menormalkan topik kesehatan mental dan Anda bahkan dapat menerima dukungan dari orang lain. Mengetahui bahwa seseorang ada untuk menjaga punggung Anda dapat membantu Anda merasa kurang stres dan lebih percaya diri.

3. Batasi Main Gadget

Anda harus mengatur diri sendiri dalam hal penggunaan gadget dan waktu layar. Menekankan berita dan menggunakan platform media sosial lebih sering meningkatkan FOMO (takut ketinggalan) dan perasaan cemburu, terasing dan tidak mampu. Pada gilirannya, emosi ini memperkuat emosi negatif, berdampak pada suasana hati Anda dan dapat memperburuk masalah kesehatan mental yang ada.

4. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang membuat aliran darah Anda benar-benar mengangkat suasana hati Anda. Ini juga membantu meningkatkan kadar serotonin tubuh Anda atau hormon bahagia. Oleh karena itu, menjaga kesehatan fisik seringkali dapat menjadi kunci untuk menjaga kesehatan mental juga. Pastikan Anda melakukan aktivitas fisik setidaknya selama 30 menit per hari. Untuk meningkatkan mood, Anda juga bisa mencoba meditasi, mendengarkan musik, menari atau jalan-jalan.

5. Menerima Situasi

Bersikap realistis dan menerima situasi Anda sangat penting jika Anda ingin memprioritaskan kesehatan mental Anda. Menerima kesalahan dan kegagalan Anda dapat membuka jalan menuju kesuksesan dalam hidup Anda dan kesuksesan menambah kebahagiaan. Selain itu, melakukan hal itu dapat mengurangi tekanan untuk menjadi sempurna dan membuka jalan bagi pertumbuhan dan perbaikan dalam kehidupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement