Senin 02 Jan 2023 11:10 WIB

Dulu Ejek Xavi yang Merumput di Timur Tengah, Ronaldo Kini Telan Ludah Sendiri

Banyak yang tak menyangka Cristiano Ronaldo akan berlabuh ke Arab Saudi.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
 Foto selebaran yang disediakan oleh klub Al-Nassr Saudi pada 30 Desember 2022 menunjukkan pemain sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo berpose untuk foto dengan seragam klub setelah menandatangani kontrak dua tahun dengan Al-Nassr, di Riyadh, Arab Saudi.
Foto: EPA-EFE/AL-NASSR CLUB
Foto selebaran yang disediakan oleh klub Al-Nassr Saudi pada 30 Desember 2022 menunjukkan pemain sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo berpose untuk foto dengan seragam klub setelah menandatangani kontrak dua tahun dengan Al-Nassr, di Riyadh, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Cristiano Ronaldo harus menelan ludahnya sendiri ketika akhirnya menandatangani kontrak dua tahun senilai 177 juta euro dengan klub Arab Saudi, Al Nassr. Sebab sebelumnya Ronaldo menyindir Xavi Hernandez yang memilih melanjutkan kariernya di Asia bersama Qatar usai meninggalkan Barcelona.

Ronaldo juga sempat menyatakan kepada jurnalis Inggris, Piers Morgan, bahwa ia tak akan bergabung ke Arab Saudi hanya demi uang karena merasa masih bisa bermain di level atas. Selain itu, dalam wawancara dengan Jonathan Ross, Ronaldo mengatakan tak ingin bergabung dengan tim Timur Tengah karena ingin mengakhiri kariernya secara bermartabat.

Baca Juga

Komentar-komentar itu kini diingat dan kembali menjadi pembahasan di kalangan suporter setelah Ronaldo berlabuh ke Arab Saudi. Dengan bayaran fantastis tersebut, kapten timnas Portugal itu menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Bergabungnya Ronaldo ke Al Nassr sekaligus mengakhiri pencarian klub baru sang pemain setelah pemutusan kontrak oleh Manchester United.

Banyak yang tak menyangka Ronaldo akan berlabuh ke Arab Saudi karena sebelumnya ia membantah isu keteratrikan klub Arab Saudi kepada dirinya. Tetapi iming-iming gaji besar agaknya terlalu sulit untuk ditolaknya.

Pada 2015 silam, Ronaldo sempat menganggap remeh Xavi karena bergabung dengan klub Qatar Al Sadd. Ronaldo menganggap pernyataan yang keluar dari Xavi tak lagi penting setelah hijrah ke Timur Tengah. Pernyataan itu untuk menangggapi perkataan Xavi yang menyebut Lionel Messi adalah pemain terbaik dunia.

Sekarang Ronaldo juga berlabuh ke Timur Tengah. Banyak yang menilai ini adalah akhir dari perjalanan kariernya.

Wawancaranya dengan Morgan juga menjadi viral kembali. Dalam wawancara itu Morgan mengungkapkan firasatnya bahwa jika Ronaldo bertujuan hanya untuk uang, maka akan berada di Arab Saudi. Namun Morgan yakin Ronaldo ingin tetap bermain di sepak bola level atas.

“Tepat. Karena saya masih percaya bisa mencetak banyak gol dan membantu tim. Saya masih percaya bahwa saya bagus dan mampu membantu tim nasional,” jawab Ronaldo, seperti dikutip dari Talksport, Senin (2/1/2023).

Ronaldo kini menjelaskan alasan akhirnya bergabung ke Al Nassr. Ia mengaku ingin merasakan liga sepak bola baru di negara yang berbeda. Selain itu, visi dari klub tersebut sangat menginspirasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement