Ahad 01 Jan 2023 00:15 WIB

Mengenal Menlu Baru China

Dubes China untuk AS, Qin Gang menjadi Menlu menggantikan Wang Yi

Duta Besar China untuk Amerika Serikat Qin Gang diangkat sebagai Menteri Luar Negeri untuk menggantikan posisi Wang Yi.
Foto: AP Photo/Heng Sinith
Duta Besar China untuk Amerika Serikat Qin Gang diangkat sebagai Menteri Luar Negeri untuk menggantikan posisi Wang Yi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Duta Besar China untuk Amerika Serikat Qin Gang diangkat sebagai Menteri Luar Negeri untuk menggantikan posisi Wang Yi.

Pengangkatan Menlu China yang baru itu berdasarkan keputusan yang dikeluarkan Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional China (NPC) di Beijing, Jumat (30/12/2022)

Wang Yi yang tercatat sebagai anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) dan Dewan Pemerintahan telah diberhentikan dari jabatannya sebagai Menlu, demikian CCTV, media penyiaran resmi China.

Qin yang kini berusia 56 tahun itu mulai bertugas sebagai Dubes di AS pada Juli 2021 setelah menduduki jabatan sebagai Wakil Menlu China sejak 2018.

Diplomat yang berpengalaman sebagai juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) itu pernah bertugas di Kedutaan China di Inggris dan Irlandia Utara.

Qin juga pernah menjabat Direktur Jenderal Protokoler MFA sehingga berpengalaman mendampingi kunjungan Presiden Xi Jinping ke berbagai negara.

Keputusan Komite Tetap NPC tersebut bersamaan dengan keputusan penetapan jadwal Sidang Parlemen Dua Sesi yang akan digelar mulai 4 Maret 2023. Sidang tersebut juga akan memutuskan penetapan Presiden China periode 2023-2028.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement