Sabtu 31 Dec 2022 15:10 WIB

Penasaran dengan Klub Baru Ronaldo, Al-Nassr? Simak Profil Klub dari Arab Saudi Itu

Al-Nassr merupakan salah satu klub tersukses di Arab Saudi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) telah resmi menandatangani mega-kontrak dengan klub asal Arab Saudi Al-Nassr hingga Juni 2025 dengan nilai 310 juta dolar AS per musim, Sabtu (31/12/2022).
Foto: Twitter Al-Nassr
Bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) telah resmi menandatangani mega-kontrak dengan klub asal Arab Saudi Al-Nassr hingga Juni 2025 dengan nilai 310 juta dolar AS per musim, Sabtu (31/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo telah resmi menandatangani mega-kontrak dengan klub asal Arab Saudi Al-Nassr hingga Juni 2025 dengan nilai 310 juta dolar AS per musim, Sabtu (31/12/2022). Pemenang pemain terbaik dunia (Ballon d'Or lima) kali itu telah berpose memegang kaus biru dan kuning klub Al Nassr dengan nomor punggung tujuh tercetak di bagian belakang, yang kini telah tersebar luas.

Sebelum merekrut Ronaldo, mungkin banyak penggemar sepak bola yang tak begitu mengenal Al-Nassr. Padahal, Al-Nassr, termasuk klub elite di Arab Saudi dan Benua Asia dan telah berdiri sejak 24 Oktober 1955.

Baca Juga

Al Nassr saat ini dipimpin Musalli Al Muammar, yang merupakan mantan presiden Saudi Pro League. Al Muammar dipilih sebagai Presiden Al Nassr pada April 2021 setelah klub mengalami kesulitan keuangan. Ia dipilih Pangeran Khalid bin Fahd bin Abdulaziz yang merupakan 'dermawan' utama Al Nassr. Kondisi itu membuat Al Nassr sering disebut sebagai klub milik Kerajaan Saudi.

Kendati demikian, Al-Nassr merupakan salah satu klub tersukses di Arab Saudi. Klub berjuluk Al Aalami atau Faris Najd itu sudah sembilan kali menjadi juara Liga Arab Saudi. Di musim ini, Al-Nassr menduduki peringkat kedua klasemen sementara dengan perolehan 23 poin, hanya tertinggal dua poin dari Al-Shahab yang duduk di peringkat pertama.

Terakhir Al Nassr menjadi juara Saudi Pro League pada 2018/2019. Kedatangan Ronaldo tentu sangat diharapkan bisa menambah motivasi tim asuhan pelatih berpengalaman Rudi Garcia untuk memperpanjang prestasi. Pelatih asal Prancis itu menangani tim sejak 29 Juni 2022, menggantikan Miguel Angel Russo.

Al Nassr hanya kalah sukses dari Al Hilal yang sudah 18 kali menjadi juara liga. Sejauh ini, trofi yang telah dimenangkan diperkirakan mencapai 27 di semua kompetisi. Di level domestik, klub telah memenangkan sembilan gelar Liga Primer Arab Saudi, enam Piala Raja, tiga Piala Putra Mahkota, tiga Piala Federasi, dan dua Piala Super Saudi.

Di tingkat internasional, Al-Nassr telah memenangkan dua gelar Liga Champions GCC dan pernah meraih gelar ganda Asia pada 1998, dengan mengeklaim Piala Winners Asia dan Piala Super Asia. Sebuah postingan di akun Instagram resmi Al Nassr, yang juga muncul di akun Ronaldo, memperlihatkan pemain Portugal berusia 37 tahun itu berpose dengan kaus klub. "Ini lebih dari sekadar pembuatan sejarah," tulis pesan dalam unggahan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement