Jumat 30 Dec 2022 22:29 WIB

Beri Bantuan, DPD DKI Jakarta IKA Undip Dukung Pemulihan Cianjur

Uluran tangan dari para dermawan masih diharapkan.

Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DKI Jakarta IKA Undip berkoordinasi dengan DPD Jawa Barat turun langsung memberikan bantuan kepada para pengungsi di sejumlah desa, Kamis (29/12/2022).
Foto: istimewa
Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DKI Jakarta IKA Undip berkoordinasi dengan DPD Jawa Barat turun langsung memberikan bantuan kepada para pengungsi di sejumlah desa, Kamis (29/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kondisi para pengungsi korban gempa yang mendera Cianjur, 21 November lalu, masih belum sepenuhnya pulih. Uluran tangan dari para dermawan masih diharapkan. 

Seperti yang dilakukan sejumlah Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DKI Jakarta IKA Undip berkoordinasi dengan DPD Jawa Barat turun langsung memberikan bantuan kepada para pengungsi di sejumlah desa, Kamis (29/12/2022). 

Baca Juga

"Para pengurus DPD DKI IKA Undip menggalang dana kemanusiaan. Selanjutnya, kita menyalurkan bantuan dalam berbagai bentuk secara langsung kepada warga yang terdampak gempa," kata Koeshartanto Wakil Ketua DPD DKI IKA Undip, dalam siaran persnya, Jum'at (30/12/2022).

Rombongan Pengurus DPD DKI yang dipimpin langsung oleh Noor Rahmad Ketua DPD DKI secara marathon telah memberikan bantuan di Desa Ciputri, Desa Mekarsari, dan terakhir di Kampung Padaruum, Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Di ketiga desa itu DPD DKI IKA Undip memberikan bantuan langsung kepada warga berupa, hunian sementara (huntara), WC darurat, sembako seperti gula, air mineral, bantuan tunai, kompor gas, selimut, sarung, bingkisan untuk anak-anak dan obat-obatan.

Warga Kampung Padaruum terdiri dari 3 RT, berjumlah 240 KK. Mereka menerima bantuan secara langsung dengan tertib dan aman. Giat kemanusiaan ini juga diliput sejumlah media elektronik, cetak, dan online dengan harapan untuk mengajak kawan-kawan lain membantu gerakan baksos ini bagi saudara-saaudara kita di Cianjur.

"Hati kami terenyuh menyaksikan kehidupan para korban gempa di Cianjur. Kehilangan tempat tinggal, bahkan sanak keluarga tentu bukan sesuatu yang mudah. Ini merupakan duka seluruh anak bangsa. Karenanya, kami tergerak untuk ikut membantu dan sedikit meringankan beban para warga," kata Noor Rachmad mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) ini. 

Apa yang kami berikan, lanjutnya, merupakan wujud kepedulian teman-teman DPD DKI IKA Undip atas musibah yang dialami oleh warga Cianjur. Ini juga bentuk solidaritas untuk membantu meringankan kesulitan yang sedang diberikan dalam menghadapi bentuk ujian oleh Allah SWT dengan bantuan yang secara maksimal diusahakan oleh teman-teman DPD DKI ini.

Sementara itu Koeshartanto menjelaskan, DPD DKI melakukan fundraising guna meringakan beban warga di Cianjur. "Bantuan dari para alumni diberikan baik melalui transfer ke rekening DPD DKI maupun kitabisa.com. Kita juga terus berkoordinasi dengan dengan DPD Jabar," terangnya. 

Koeshartanto juga menjelaskan, giat kemanusiaan berupa pelayanan kesehatan dikoordinir oleh dr. Gorry, dr. Iwil dan kawan-kawan. Sementara untuk bantuan diserahkan oleh teman-teman DPD DKI Jakarta IKA Undip, dan dilakukan oleh Noor Rachmad, Koeshartanto, dr. Setyo Hermanto, Sugeng Widodo, dr. Setiati Budi Utami, Edward Harianja, Otty Hari Chandra Ubayani, Hanik dan lainnya. "Saya bersyukur kami sangat solid dan kompak dalam persiapan dan pelaksanaan baksos itu," tutur Koeshartanto yang juga Direktur SDM Pertamina periode 2018-2021 ini.

Sementara itu Otty Ubayani menambahkan, keberhasilan penghimpunan dana dan penyaluran bantuan adalah bentuk keguyuban dari para Pengurus DPD DKI Jakarta. "Hanya melalui pesan-pesan di media sosial, penggalangan dana bisa berjalan lancar. Semua tergerak membantu, meringankan beban sesama anak bangsa di Cianjur. Kami juga berdoa bencana ini tidak terjadi lagi dan warga segera direlokasi ke tempat yang lebih aman. Rumah-rumah warga bisa segera selesai dibangun dan dapat ditempati, sehingga tidak lagi tinggal di pengungsian," imbuh Otty yang juga Sekretaris Umum Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PP IPPAT) ini. 

Warga Cianjur dari usia tua hingga anak-anak begitu ceria menyambut bantuan dari DPD DKI ini. "Kami melihat wajah-wajah senang dari warga menyambut bantuan yang diberikan. Alhamdulillah, semoga bantuan ini bisa jadi berkah untuk semua," timpal Koeshartanto. 

Di lokasi, Pak Deden--begitu biasa disapa, tokoh masyarakat mewakili (Ketua RW) warga Desa Benjot, Kecamatan Cigenung, Cianjur, tak kuasa menahan airmata ketika  menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran penuh kehangatan dan ketulusan teman-teman DPD DKI IKA Undip. Pak Deden berharap agar silahturahim terus dapat dijaga antara Desa Benjot Cugenang dengan DPD DKI IKA Undip dan berharap dapat dikunjungi kembali untuk terus menguatkan solidaritas yang sudah berjalan baik.

Noor Rachmad mengatakan, "Semoga di lain kesempatan dapat dilanjutkan kegiatan baksos seperti ini yang didukung secara maksimal oleh teman-teman alumni". 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement